SUTRANTIYAS, ROICHANA RACHMA (2025) PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN PADA PENGGUNA TIKTOK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIASI. Tesis thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
3 Cover ROICHANA.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
4 Halaman Pengesahan ROICHANA.pdf Download (115kB) |
|
|
Text
2 Abstrak ROICHANA.pdf Download (306kB) |
|
|
Text
5 Daftar Isi ROICHANA.pdf Download (327kB) |
|
|
Text
6 Daftar Pustaka ROICHANA.pdf Download (340kB) |
|
|
Text
1 Full TESIS ROICHANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tiga variabel kredibilitas
influencer, yaitu daya tarik fisik, keandalan, dan keahlian terhadap niat pembelian
produk kecantikan pada pengguna TikTok di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan
kepercayaan sebagai variabel mediasi. Dalam era digital saat ini, pemasaran
dengan influencer telah menjadi strategi yang efektif dalam memengaruhi
keputusan konsumen, termasuk pada industri kecantikan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel non
probability, yaitu purposive sampling. Sebanyak 240 responden yang merupakan
pengguna aktif TikTok yang berusia minimal 14 tahun dan mengikuti influencer
serta pernah melihat konten promosi produk kecantikan oleh influencer di wilayah
DIY dijadikan partisipan pada penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan
teknik Partial Least Squares (PLS) menggunakan perangkat lunak SmartPLS.
Hasil studi menunjukkan bahwa daya tarik fisik dan keahlian influencer memiliki
pengaruh langsung terhadap niat pembelian, sementara keandalan tidak
menunjukkan pengaruh langsung. Di sisi lain, keandalan dan keahlian memiliki
pengaruh langsung terhadap kepercayaan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan
bahwa kepercayaan terbukti memediasi secara signifikan hubungan antara
keandalan dan keahlian terhadap niat pembelian. Sebaliknya, daya tarik fisik tidak
berdampak pada kepercayaan, sehingga hubungan mediasi pada jalur ini tidak
signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun kepercayaan melalui
kredibilitas influencer. Penelitian ini memberikan implikasi strategis bagi pelaku
pemasaran dalam memilih dan mengelola kerja sama dengan influencer untuk
memaksimalkan efektivitas promosi produk kecantikan di platform digital seperti
TikTok.
Kata Kunci: Kredibilitas Influencer, Daya Tarik Fisik, Keandalan, Keahlian,
Kepercayaan, Niat Pembelian, TikTok, Produk Kecantikan
| Item Type: | Tugas Akhir (Tesis) |
|---|---|
| Additional Information: | ROICHANA RACHMA SUTRANTIYAS (Penulis-241231024) ; Nina Fapari (Pembimbing1) ; Dyah Sugandini (Pembimbing2) |
| Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas Influencer, Daya Tarik Fisik, Keandalan, Keahlian, Kepercayaan, Niat Pembelian, TikTok, Produk Kecantikan |
| Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S2) Magister Manajemen |
| Depositing User: | UPA Perpustakaan |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:04 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 02:04 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
