KAJIAN GEOMETRI JALAN ANGKUT PADA OVERBURDEN REMOVAL MENUJU DISPOSAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT VALE INDONESIA PIT LEMBOSOUTH 02 KABUPATEN LUWU TIMUR, PROVINSI SULAWESI SELATAN

FIRDAUS, RIVALDI NUR (2025) KAJIAN GEOMETRI JALAN ANGKUT PADA OVERBURDEN REMOVAL MENUJU DISPOSAL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT VALE INDONESIA PIT LEMBOSOUTH 02 KABUPATEN LUWU TIMUR, PROVINSI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf] Text
Cover_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of Abstrak_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf] Text
Abstrak_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar isi_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf] Text
Daftar isi_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf] Text
Daftar Pustaka_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Pengesahan_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf] Text
Pengesahan_112190143_Rivaldi Nur Firdaus.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of skripsi Fulltext_112190143_Rivaldi Nur Firdaus..pdf] Text
skripsi Fulltext_112190143_Rivaldi Nur Firdaus..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

Pt Vale Indonesia Tbk (PT Vale) merupakan perusahaan Tambang yang bekerja pada perusahaan tambang Nikel di Indonesia. Lokasi pel=nelitian dilakukan di PT Vale indonesia Tbk jobsite Lembosouth 02 yang bergerak di bidang penutupan (overburden Removal), penambangan batu bara (Coal getting), pengankutan batubara (coal hauling), Pengangkutan Overburden (OB Hauling), dan pemeliharaan jalan (Road maintanance). Kegiatan penambangan yang dilaksanakan berlokasi pada PIT Lembosouth 02. sistem penambangan yang dilakukan adalah sistem tambanhg terbuka dengan metode open pit.
Pengangkutan over burden menjadi salh satu faktor yang penting untuk menvapai target produktivitas. berdasarkan pengamatan lapangan, produktivitas dalam pengangkutan overburden belum memenuhi target, dimana salah satu penyebabnya yaitu kleondisi jalan angkut yang digunakan dalam pengankutan material overburden, serta mengkaji dan menganalisis pengaruh geometri jalan tersebut terhadap produktivitas alat angkut.
Target produktivitas alat angkut pada fleet ex-592 sebesar 36 BCM/jam. Sedangkan kondisi aktual dilapangan hanya mencapai16,93 BCM/jam. faktor penyebab tidak tercapainya target produktivitas adalah waktu edar alat angkut yang tinggi. hal tersdsebut disebabkan oleh kondisi geometri jalan angkut dan perbaikan grade jalan menjadi 12% (menurut kepmen ESDM No.1827.K/30/MEM/20180) serta melakukan simulasi perbaikan kecepatan dengan metode rimpull. setelah dilakukan evaluasi geometri jalan angkut dan perbaikan grade jalan secara teoritis didapatkan peningkatan produktivitas alat angkut pada fleet EX-592 menjadi 44,14 BCM/jam dan telah mencapai target produktivitas yang ada.
kata kunci; pertambangan, tambang Nikelindonesia, PT Vale Indonesia, produktivitas angkut, overburden

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: RIVALDI NUR FIRDAUS (Penulis - 1121901430); Inmarlinianto (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pertambangan, tambang Nikelindonesia, PT Vale Indonesia, produktivitas angkut, overburden
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:43
Last Modified: 17 Oct 2025 03:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44525

Actions (login required)

View Item View Item