PENGARUH PENGGUNAAN TAGLINE “GO NYAWIJI…SESARENGAN MBANGUN WONOGIRI” PADA AKUN INSTAGRAM @PEMKAB WONOGIRI TERHADAP BRAND AWARENESS

HUSEIN, RAHMA NURFIANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN TAGLINE “GO NYAWIJI…SESARENGAN MBANGUN WONOGIRI” PADA AKUN INSTAGRAM @PEMKAB WONOGIRI TERHADAP BRAND AWARENESS. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf] Text
Cover_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Abstrak_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf] Text
Abstrak_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf] Text
Lembar Pengesahan_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf] Text
Daftar Isi_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf] Text
Daftar Pustaka_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf] Text
Skripsi Fulltext_Rahma Nurfiani Husein_154190023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Media sosial menjadi alat penting dalam membentuk identitas dan meningkatkan
brand awareness suatu daerah. Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggunakan
tagline “Go Nyawiji… Sesarengan mBangun Wonogiri” pada akun Instagram
@pemkabwonogiri sebagai strategi branding dan komunikasi dengan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada pengaruh penggunaan tagline
terhadap brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan
pendekatan kuantitatif menggunakan teori Uses and Gratifications. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online kepada 100 pengikut
akun Instagram @pemkabwonogiri sebagai sampel penelitian dengan teknik
purposive sampling dari total 3.789 pengikut akun Instagram @pemkabwonogiri,
yang kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment dan regresi
linier sederhana. Analisis data menunjukkan hasil penggunaan tagline
berpengaruh signifikan terhadap brand awareness dengan nilai korelasi 0,553 dan
kontribusi sebesar 30,5% terhadap peningkatan brand awareness. Hasil Uji T
menunjukkan nilai thitung 6.566 lebih besar dari ttabel 1.987 dengan nilai signifikansi
0,000. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima dan H0
ditolak. Tagline memiliki aspek familiarity, differentiation, dan message of value
yang berkontribusi dalam membangun identitas daerah. Dalam perspektif Uses
and Gratifications, audiens secara aktif memilih media yang memenuhi
kebutuhan informasi, identitas sosial, serta keterlibatan komunitas. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa tagline “Go Nyawiji… Sesarengan mBangun Wonogiri”
berkontribusi dalam meningkatkan brand awareness pengikut akun Instagram
@pemkabwonogiri.
Kata Kunci: Tagline, Brand awareness, Instagram, Uses and Gratifications

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: RAHMA NURFIANI HUSEIN (Penulis - 154190023) ; Dewi Novianti (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Tagline, Brand awareness, Instagram, Uses and Gratifications
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Hubungan Masyarakat
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:47
Last Modified: 09 Sep 2025 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43613

Actions (login required)

View Item View Item