SAPUTRA, FERNANDI ARYA (2025) PQ-SURVEY UNTUK MEMBANDINGKAN PEMODELAN VENTILASI TAMBANG BAWAH TANAH DENGAN KONDISI AKTUAL GRASBEG BLOCK CAVE, PT FREEPORT INDONESIA, KABUPATEN MIMIKA, PAPUA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_112200058_Fernandi Arya Saputra.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_112200058_Fernandi Arya Saputra.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_112200058_Fernandi Arya Saputra.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_112200058_Fernandi Arya Saputra.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_112200058_Fernandi Arya Saputra.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_112200058_Fernandi Arya Saputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang bawah
tanah yang berada di Pegunungan Grasberg, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua
Tengah. PT Freeport Indonesia menerapakan metode ambrukan (block caving)
untuk Tambang Grasberg Block Cave (GBC). Dalam keberjalanan kegiatan
penambangan, salah satu upaya untuk mewujudkan pemenuhan udara segar yang
optimal yakni dengan pembuatan model jaringan ventilasi tambang bawah tanah.
Permasalahan yang ditemukan yakni belum adanya data aktual pada Tambang GBC
untuk dilakukan perbandingan berupa kalibrasi dan validasi model jaringan
ventilasi tambang bawah tanah. Pengambilan data aktual (PQ-Survey) sangat
penting dilakukan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan udara segar terkait
kesesuaian model yang selama ini digunakan dengan kondisi aktual.
PQ-Survey dilakukan dengan metode no-leap dimana perpindahan stasiun
pengukuran tidak dilakukan secara berurutan dan tidak memerlukan iterasi atau
perhitungan berulang. PQ-Survey dilakukan di beberapa level yakni pada AB
Tunnel, GBC Spurs, GBC Vent Drift (GVD) Intake, GVD Exhaust, Conveyor, dan
GBC Ramp. Data hasil pengukuran berupa nilai penurunan tekanan, debit udara,
dan K-faktor digunakan sebagai kalibrasi model ventilasi lama untuk mendapatkan
perbandingan kesesuaian model dengan kondisi aktual. Data tersebut juga
digunakan sebagai input pada model baru untuk memvalidasi bahwa model baru
mempunyai nilai relative error yang tidak melebihi 10%.
Hasil kalibrasi penurunan tekanan dan debit udara pada model lama dengan
kondisi aktual masih mempunyai nilai masing-masing untuk level Intake sebesar
39% dan 24%; level Exhaust 27% dan 21%; AB Tunnel 50% dan 24%; Conveyor
67% dan 33%; serta Ramp 57% dan 64%. Setelah dilakukan penginputan data
aktual pada model baru didapatkan nilai penurunan tekanan dan debit udara
mempunyai nilai masing-masing untuk level Intake sebesar 7% dan 3%; level
Exhaust 5% dan 3%; AB Tunnel 7% dan 4%; Conveyor 7% dan 7%; serta Ramp
5% dan 3%.
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | FERNANDI ARYA SAPUTRA (Penulis-112200058) ; (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Pemodelan ventilasi, grasbeg block cave, tambang |
Subjek: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:41 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |