PENGARUH USER GENERATED CONTENT DI TIKTOK TERHADAP BRAND IMAGE MEREK EXSPORT

Mezango, Yesta Diatri (2025) PENGARUH USER GENERATED CONTENT DI TIKTOK TERHADAP BRAND IMAGE MEREK EXSPORT. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf] Text
Cover_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Abstrak_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf] Text
Abstrak_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf] Text
Daftar Isi_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf] Text
Skripsi Fulltext_153210027_Yesta Diatri Mezango.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet mendorong transformasi dalam dunia
pemasaran. Saat ini pemasaran secara digital menjadi strategi utama bagi sebuah
merek untuk menjangkau konsumen. Tiktok sebagai platform media sosial yang
berkembang pesat turut memainkan peran dalam digital marketing untuk
membentuk preferensi audiens melalui konten. Di tengah pertumbuhan brand lokal
dalam industri fashion yang semakin kompetitif, salah satu merek lokal yang
mengalami dinamika tersebut adalah Exsport. Brand ini telah menjalani proses
rebranding dan menghadapi fluktuasi dalam penjualan serta brand index. Untuk
menghadapi tantangan ini, Exsport memanfaatkan media sosial Tiktok salah
satunya dengan pendekatan user generated content, yaitu konten yang dibuat oleh
konsumen secara sukarela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
UGC di Tiktok terhadap brand image merek Exsport. Penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 100 responden yang pernah
melihat UGC Exsport di Tiktok. Variabel UGC terdiri dari indikator informing, co
communicating, co-creating, dan pioneering, sedangkan brand image diukur
melalui recognition, reputation, dan affinity. Hasil uji t menunjukkan bahwa UGC
berpengaruh signifikan terhadap brand image dengan nilai t hitung sebesar 9,740 >
t tabel 1,660. Temuan ini mendukung Trust Transfer Theory yang menjelaskan
bahwa kepercayaan terhadap konten pengguna dapat berpindah kepada merek.
Penelitian ini menegaskan bahwa UGC menjadi elemen penting dalam membangun
citra merek di era digital.
Kata Kunci: User Generated Content, Tiktok, Brand Image, Exsport, Trust
Transfer Theory

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Yesta Diatri Mezango (Penulis-153210027) ; Panji Dwi Ashrianto (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: User Generated Content, Tiktok, Brand Image, Exsport, Trust Transfer Theory
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:08
Last Modified: 04 Aug 2025 04:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43403

Actions (login required)

View Item View Item