STRATEGI PEMENANGAN FERDINAND MARCOS JR DALAM PEMILU PRESIDEN FILIPINA TAHUN 2022

BAGASKARA, FARHAN NUGRAHA (2025) STRATEGI PEMENANGAN FERDINAND MARCOS JR DALAM PEMILU PRESIDEN FILIPINA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf] Text
Cover_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Abstrak_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf] Text
Abstrak_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf] Text
Lembar Pengesahan_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of Daftar Isi_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf] Text
Daftar Isi_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf] Text
Daftar Pustaka_151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext _151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf] Text
Skripsi Fulltext _151190099_Farhan Nugraha Bagaskara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi kemenangan Ferdinand Marcos Jr.
(Bongbong) dalam pemilihan presiden Filipina 2022, yang menandai kembalinya
dinasti Marcos ke tampuk kekuasaan yang kontroversial. Menggunakan Teori
Functional Theory of Political Campaign Communication William L. Benoit
sebagai kerangka teoritis, studi ini menganalisis bagaimana Marcos Jr. secara
efektif memanfaatkan tiga fungsi utama komunikasi kampanye politik, yaitu
acclaims, attacks, and defenses, untuk mengamankan kemenangan telak terlepas
dari warisan sejarah keluarganya yang kontroversial. Melalui metode deskriptif
analitis kualitatif, penelitian ini menyelidiki interaksi kompleks antara rekonstruksi
naratif sejarah, aliansi strategis, dan teknik kampanye digital yang mencirikan
keberhasilan elektoral Marcos Jr. Temuan ini mengungkapkan bahwa kemenangan
Marcos Jr. difasilitasi oleh beberapa faktor kunci: aliansi strategis dengan Sara
Duterte yang menyatukan blok pemilih utara dan selatan, rebranding era Marcos
yang efektif sebagai "zaman keemasan" melalui platform media sosial, pesan yang
ditargetkan kepada pemilih muda yang tidak memiliki pengalaman langsung
tentang periode darurat militer, dan strategi kreatif yang menangkis kritik terhadap
masa lalu otoriter keluarganya. Studi ini berkontribusi untuk memahami bagaimana
strategi komunikasi politik dapat mengatasi hambatan sejarah yang signifikan,
memberikan wawasan tentang lanskap elektoral Filipina kontemporer di mana
politik dinasti, pengaruh media sosial, dan revisionisme historis bersinggungan
dalam membentuk hasil demokrasi.
Kata Kunci : Strategi Kampanye Politik, Ferdinand Marcos Jr., Pemilu
Filipina 2022

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: FARHAN NUGRAHA BAGASKARA (Penulis-151190099) ; Saptopo Bambang Ilkodar (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kampanye Politik, Ferdinand Marcos Jr., Pemilu Filipina 2022
Subjek: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:38
Last Modified: 25 Jul 2025 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43287

Actions (login required)

View Item View Item