Andamari, Rahma Mutia (2025) ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI #INDONESIATERANG DI MEDIA SOSIAL “X”. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
1_Skripsi full_153190026_Rahma Mutia.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
2_Cover_153190026_Rahma Mutia.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_153190026_Rahma Mutia.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
4_Halaman pengesahan_153190026_Rahma Mutia.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
5_Daftar isi_153190026_Rahma Mutia.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
6_Daftar pustaka_153190026_Rahma Mutia.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jaringan komunikasi serta
strategi komunikasi opinion leader #IndonesiaTerang di media sosial X pada
rentang waktu16 Februari - 10 Maret 2025. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan metode Social Network Analysis (SNA) dengan
triangulasi data berupa wawancara dengan opinion leader yang teridentifikasi.
Pengumpulan data menggunakan perangkat lunak Google Colab dan analisis data
menggunakan Gephi versi 0.10.1. Dari 508 unggahan yang berhasil dikumpulkan,
terdapat sebanyak 363 nodes dan 205 edges yang mengindikasikan kecilnya
kekuatan tagar #IndonesiaTerang dalam menciptakan jaringan komunikasi.
Visualisasi sosiogram menunjukkan jaringan komunikasi yang terpecah tanpa
membentuk jaringan yang terhubung sepenuhnya. Terdapat 13 opinion leader
dengan akun @bengkeldodo sebagai opinion leader utama dalam percakapan
#IndonesiaTerang di media sosial X. Strategi komunikasi dianalisis berdasarkan
model komunikasi dua tahap (Two-StepFlow Communicaton). Dalam menyebarkan
narasi #IndonesiaTerang, Opinion leader mencari informasi positif mengenai
kinerja pemerintah dari media kemudianberkoordinasi dengan tim untuk menyusun
narasi #IndonesiaTerang. Konten gambar dan video merupakan format konten yang
efektif dalam menyebarkan narasi #IndonesiaTerang. Dalam mengukur kesuksesan
narasi #IndonesiaTerang, opinion leader melihat response positif dari audiensnya.
Kata kunci: #IndonesiaTerang, X, Social Network Analysis (SNA), opinion
leader, komunikasi dua tahap (Two-Step Flow)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 05:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |