PENGARUH TERPAAN KONTEN PADA AKUN @GADGETIN DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI IPHONE DI KALANGAN GEN Z YOGYAKARTA

Widitama, Vania Nafisah (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN PADA AKUN @GADGETIN DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI IPHONE DI KALANGAN GEN Z YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf] Text
Cover_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf] Text
Abstrak_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Pengesahan_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf] Text
Pengesahan_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf] Text
Daftar Isi_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf] Text
Daftar Pustaka_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf] Text
Skripsi Fulltext_Vania Nafisah Widitama_153190008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf] Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf

Download (861kB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten pada akun
TikTok @Gadgetin terhadap minat beli iPhone di kalangan Generasi Z di
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
survei melalui penyebaran kuesioner daring kepada 102 responden yang merupakan
pengikut akun TikTok @Gadgetin dan berdomisili di Yogyakarta. Variabel (X)
terpaan konten dan variabel (Y) minat beli. Variabel terpaan konten diukur
menggunakan tiga indikator yaitu frekuensi, intensitas, dan daya tarik. Hasil
analisis korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara variabel
X dan Y dengan nilai koefisien sebesar 0,909. Analisis regresi linear sederhana
menunjukkan adanya pengaruh positif antara variabel X terhadap variabel Y,
dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,552 dan nilai R Square sebesar 0,826, yang
berarti 82,6% minat beli dipengaruhi oleh terpaan konten @Gadgetin. Uji hipotesis
juga menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan. Hasil ini menunjukkan
bahwa semakin tinggi terpaan konten (X), maka semakin besar pula minat beli (Y)
terhadap iPhone di kalangan Gen Z Yogyakarta.
Kata Kunci: TikTok, @Gadgetin, Terpaan Konten, Minat Beli, Generasi Z,
iPhone

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Vania Nafisah Widitama (Penulis - 153190008) ; Arif Wibawa (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: TikTok, @Gadgetin, Terpaan Konten, Minat Beli, Generasi Z, iPhone
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:57
Last Modified: 08 Jul 2025 01:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42973

Actions (login required)

View Item View Item