Saputra, Viandra Bryan (2025) ANALISIS PERSONAL BRANDING AKUN INSTAGRAM @janji_jhony_ MENGENAI BUS EKA CEPAT. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_154210070_Viandra Bryan Saputra.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
3.Abstrak_154210070_Viandra Bryan Saputra.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
4_Lembar Pengesahan_154210070_Viandra Bryan Saputra.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_154210070_Viandra Bryan Saputra.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_154210070_Viandra Bryan Saputra.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Fulltext_154210070_Viandra Bryan Saputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf Download (861kB) |
Abstract
Fenomena kecelakaan bus patas Jawa Timur sering terjadi selama satu dekade terakhir. Saat ini, hampir semua masyarakat memiliki pemikiran negatif dan rasa tidak percaya terhadap bus patas Jawa Timur. Seperti kata patas yang merupakan akronim “cepat dan terbatas”, arogansi pengemudi bus patas di jalanan kerap membuat masyarakat enggan menggunakan bis karena dianggap berbahaya untuk keselamatan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis personal branding yang dilakukan oleh Rendy Sasongko, seorang pengemudi bus Eka Cepat, melalui akun Instagram @janji_jhony_. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena munculnya micro-celebrity di media sosial, di mana individu membangun citra diri untuk menarik perhatian dan mempengaruhi persepsi publik. Mengingat adanya stigma negatif masyarakat terhadap bus patas Jawa Timur terkait keselamatan, penelitian ini berfokus pada upaya Rendy Sasongko dalam membangun personal branding yang positif untuk mengubah persepsi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi virtual, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi konten Instagram (feed, reels, story, highlight) dan analisis komentar. Teori personal branding dari Rampersad (2015) digunakan sebagai kerangka analisis, dengan fokus pada kriteria authentic personal branding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rendy Sasongko membangun personal branding-nya dengan menonjolkan keautentikan, integritas, konsistensi, dan spesialisasi sebagai pengemudi bus yang profesional dan memberikan pelayanan yang baik. Konten-kontennya di Instagram tidak hanya menampilkan aktivitas mengemudi, tetapi juga memuat pesan-pesan positif dan motivasi, serta interaksi dengan penumpang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa personal branding yang efektif di media sosial dapat menjadi alat untuk mengubah persepsi publik dan membangun citra positif, bahkan dalam konteks yang sebelumnya memiliki stigma negatif.
Kata Kunci: Personal Branding, Instagram, Etnografi Virtual
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Viandra Bryan Saputra (Penulis - 154210070) ; Muhammad Edy Susilo (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Personal Branding, Instagram, Etnografi Virtual |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Pambudi |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:58 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |