EVENT ERIGO TOUR DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK

Nur, Ramadhani Aditya (2025) EVENT ERIGO TOUR DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf] Text
2. Cover_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf] Text
3. Abstrak_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf] Text
5. Daftar Isi_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153180125_Ramadhani Aditya Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran melalui
event Erigo Tour dalam meningkatkan citra merek Erigo di kalangan konsumen,
yakni suatu merek fashion lokal terkemuka di Indonesia. Studi ini berfokus pada
partisipasi konsumen dalam event pemasaran tersebut memengaruhi persepsi
terhadap merek dan memperkuat posisi Erigo di pasar fashion yang kompetitif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan
memanfaatkan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan
data. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah komunikasi pemasaran terpadu
(IMC) dan experiential marketing untuk menganalisis interaksi langsung dengan
merek, uji coba produk, keterlibatan dengan influencer selama event, berkontribusi
pada loyalitas dan kesadaran merek. Hasil penelitian menunjukkan Erigo Tour
suatu event pop-up store yang digelar di lebih dari 100 lokasi di berbagai kota di
Indonesia, tidak hanya menawarkan diskon eksklusif tetapi juga memberikan
konsumen pengalaman interaktif melalui influencer, promosi unik, dan keterlibatan
langsung dengan produk. Erigo memperkuat citranya sebagai merek lokal yang
trendi, berkualitas dan terjangkau. Konsumen yang berpartisipasi secara langsung
menghasilkan koneksi emosional yang lebih kuat terhadap merek, yang dapat
meningkatkan kepercayaan konsumen dan loyalitas merek serta kesadaran akan
nilai produk Erigo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Erigo Tour efektif dalam
menciptakan interaksi mendalam antara merek dan konsumen, sekaligus
memperkuat posisi Erigo di pasar lokal. Hasil studi ini memberikan pemahaman
tentang peran strategi komunikasi pemasaran berbasis event marketing dalam
membentuk citra merek, serta menawarkan rekomendasi praktis bagi merek lokal
lainnya dalam membangun hubungan emosional yang lebih kuat dengan konsumen
melalui pengalaman langsung suatu event.
Kata Kunci: Experiential Marketing, Citra Merek, Erigo Tour

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Citra Merek, Erigo Tour
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:00
Last Modified: 07 Jul 2025 04:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42952

Actions (login required)

View Item View Item