NUGRAHA, MUHAMMAD AGUNG (2025) OPTIMALISASI PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI DI PT MITRA MULTI INDOMINING KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_112200050_Muhamm Agung Nugraha.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
Abstrak_112200050_Muhammad Agung Nugraha.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
Daftar isi_112200050_Muhammad Agung Nugraha.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_112200050_Muhammad Agung Nugraha.pdf Download (958kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_112200050_Muhammad Agung Nugraha.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Skripsi Fulltext_112200050_Muhammad Agung Nugraha.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
PT Mitra Multi Indomining merupakan sebuah perusahaan pertambangan,
rekayasa, pengadaan, dan kontruksi. Target produktivitas pengupasan lapisan tanah
penutup di PT Mitra Multi Indomining untuk alat gali muat sebesar 350 BCM/Jam
dan alat angkut sebesar 70 BCM/Jam dengan 2 fleet penambangan. Produktivitas
alat gali muat dan alat angkut pada saat dilakukan penelitian, belum mencapai target
yang ditetapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi produktivitas alat dan upaya-upaya yang dapat dilakukan
sehingga target produktivitas yang telah direncanakan dapat tercapai.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan
target produktivitas di PT Mitra Multi Indomining belum tercapai dan menemukan
rekomendasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya. Berdasarkan hasil
perhitungan didapatkan produktivitas pada setiap fleet, yaitu fleet EX583 untuk alat
gali muat sebesar 375,99 BCM/Jam dan alat angkut sebesar 58,64 BCM/Jam dan
fleet TMEX22 untuk alat gali muat sebesar 456,30 BCM/Jam dan alat angkut
sebesar 50,36 BCM/Jam. Dari hasil ini menunjukkan bahwa produktivitas dari alat
angkut saat ini belum mencapai target produktivitas yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian penyebab tidak tercapainya sasaran produksi
adalah geometri jalan angkut yang belum memenuhi standar minimum dan waktu
edar alat yang kurang optimal. Hal ini menyebabkan produktivitas alat menurun.
Selain itu, kondisi front penambangan, pola pemuatan, teknis pemuatan juga dapat
mempengaruhi produktivitas alat.
Untuk mencapai target produktivitas, dilakukan beberapa upaya yaitu dengan
melakukan perbaikan lebar dan grade jalan angkut diikuti dengan meningkatkan
kecepatan alat angkut berdasarkan simulasi rimpull untuk mengoptimalkan waktu
edar alat angkut dan memperbaiki waktu edar alat angkut. Setelah dilakukan upaya
tersebut, nilai produktivitas mengalami peningkatan yaitu pada fleet EX583 untuk
alat angkut menjadi 70,14 BCM/Jam dan pada fleet TMEX22 untuk alat angkut
menjadi 71,36 BCM/Jam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat angkut, produktivitas, target produksi |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:33 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:33 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |