Pinasthika, Shofura Salma (2025) PERENCANAAN KOMUNIKASI KOMUNITAS SKIN GAME WARRIOR DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_153200118_Shofura Salma Pinasthika.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_153200118_Shofura Salma Pinasthika.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_153200118_Shofura Salma Pinasthika.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_153200118_Shofura Salma Pinasthika.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_153200118_Shofura Salma Pinasthika.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_153200118_Shofura Salma Pinasthika.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Industri kosmetik di Indonesia menunjukkan pertumbuhan dilihat dari kehadiran
berbagai brand kosmetik lokal yang diikuti oleh perubahan perilaku masyarakat
dalam kesadaran merawat diri, penggunaan e-commerce untuk berbelanja produk
kosmetik, dan penggunaan forum kecantikan daring. Kondisi tersebut dimanfaatkan
oleh para brand kosmetik lokal dengan menggunakan strategi komunitas
kecantikan daring (online beauty community). Skin Game merupakan salah satu
brand kosmetik lokal yang menggunakan komunitas bernama Skin Game Warrior
untuk mengumpulkan para konsumennya. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan tujuan untuk mencari tahu proses perencanaan komunikasi pada
komunitas Skin Game Warrior, bentuk customer engagement oleh anggota, serta
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan perencanaan komunikasi pada
komunitas tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Goals-Plans-Action (Teori
GPA) dan Model Perencanaan Komunikasi oleh Kotler & Keller dalam
menjelaskan hasil temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses
perencanaan komunikasi pada komunitas Skin Game Warrior melalui 8 tahap
perencanaan komunikasi, yaitu identifikasi target audiens, menentukan objektif,
merancang komunikasi, menentukan saluran komunikasi, menetapkan anggaran,
menentukan bauran komunikasi pemasaran, mengukur hasil, dan mengelolabauran
komunikasi pemasaran. Melalui pelaksanaan perencanaan tersebut, Skin Game
melibatkan para anggotanya serta menghasilkan kontribusi berupa kontribusi
langsung dan tidak langsung. Kontribusi langsung ditunjukkan dalam aktivitas
pembelian, sementara kontribusi tidak langsung ditunjukkan dalam penyebaran
pengaruh melalui media sosial dan pemberian umpan balik serta saran. Pelaksanaan
perencanaan komunikasi didukung oleh faktor pendukung berupa pemilihan topik
dan bentuk kegiatan yang relevan dengan Warriors. Sementara faktor
penghambatnya adalah keterbatasan Warriors yang tidak bisa selalu aktif dalam
program komunitas.
Kata kunci: perencanaan komunikasi, online beauty community, customer
engagement.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Shofura Salma Pinasthika (153200118) ; Sigit Tri Pambudi (pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | perencanaan komunikasi, online beauty community, customer engagement |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:20 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |