PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING CHATARINA LIDYA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Casey, Carla Laksita (2024) PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING CHATARINA LIDYA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210092_Carla Laksita Casey.pdf] Text
Cover_153210092_Carla Laksita Casey.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Abstrak_153210092_Carla Laksita Casey.pdf] Text
Abstrak_153210092_Carla Laksita Casey.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Pengesahan_153210092_Carla Laksita Casey.pdf] Text
Pengesahan_153210092_Carla Laksita Casey.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210092_Carla Laksita Casey.pdf] Text
Daftar Isi_153210092_Carla Laksita Casey.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210092_Carla Laksita Casey.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210092_Carla Laksita Casey.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Skripsi Fullrext_153210092_Carla Laksita Casey.pdf] Text
Skripsi Fullrext_153210092_Carla Laksita Casey.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong individu untuk menggunakan Instagram
sebagai platform personal branding. Salah satunya Chatarina, nano influencer dan
pemenang Putra Putri Keistimewaan 2023. Chatarina membagikan kegiatan
sebagai Putra Putri Keistimewaan dan menceritakan kebudayaan Yogyakarta.
Konten terbaiknya mencapai 112 ribu tayangan, 4.155 likes, 94 komentar, dan 302
kali dibagikan, walaupun Chatarina baru memiliki 3.302 pengikut. Penelitian ini
bertujuan mengetahui pembentukan personal branding Chatarina melalui
Instagram. Penelitian menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman, dengan
menggunakan Frontstage dan backstage, serta konsep dari Peter Montoya, The
Law Eight of Personal branding yang terdiri dari specialization, leadership,
personality, distinctiveness, visibility, unity, persistence, dan goodwill. Metode
yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Penelitian menjelaskan pembentukan personal
branding Chatarina, di balik layar Chatarina mempersiapkan materi konten yang
memperhatikan 5W+1H, melakukan riset kepada narasumber. Di depan layar
Chatarina menonjolkan kepribadian ceria, ramah, memiliki perbedaan dalam
meyampaikan informasi seperti pantun, pertanyaan interaktif di awal video. Konten
yang dibuat informatif dan menarik. Chatarina memberikan respons aktif terhadap
komentar dan pesan langsung yang diterima. Konsistensi dalam menampilkan
informasi mengenai budaya di media sosial dan kehidupan nyata menjadikan
Chatarina membuatnya dapat dipercaya. Penelitian ini memberikan wawasan bagi
nano influencer lain dalam membangun personal branding.
Kata kunci: personal branding, nano influencer, Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: personal branding, nano influencer, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:04
Last Modified: 23 Apr 2025 02:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42436

Actions (login required)

View Item View Item