PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SEPATU KANKY X TIRTA (Studi pada Pengikut Akun Twitter @tirta_cipeng)

Larasati, Izzati Hidana (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SEPATU KANKY X TIRTA (Studi pada Pengikut Akun Twitter @tirta_cipeng). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf] Text
2_Cover_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf] Text
3_Abstrak_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_153200069_Izzati Hi.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_153200069_Izzati Hi.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf] Text
5_Daftar Isi_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf] Text
1_Skripsi full_153200069_Izzati Hidana Larasati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Fenomena gaya hidup sehat pasca covid-19 menjadi trend di kalangan masyarakat saat ini. Salah satu atribut penting untuk menunjang olahraga adalah sepatu. Kanky adalah brand lokal yang lahir sejak tahun 2019 dan penjualannya berhasil meningkat 110% hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Dalam menjalankan strategi marketing, Kanky menggandeng influencer lokal dengan latar belakang dokter dan gaya hidup dr. Tirta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli sepatu Kanky x Tirta di akun Twitter @tirta_cipeng. Dalam penelitian ini, teori Elaboration Likelihood Model digunakan sebagai landasan berpikir untuk melihat proses penerimaan pesan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Kuesioner secara online disebarkan kepada 100 akun pengikut @tirta_cipeng di Twitter. Perhitungan sampel yang diambil melalui metode purposive sampling dan menggunakan rumus slovin. Hasil menunjukkan bahwa indikator Trustworthiness dan Expertise mendapatkan respon setuju tertinggi dengan perbandingan rata-rata 56% dibandingkan indikator Attractiveness, Respect, Similarity dengan rata-rata 44%. Dapat disimpulkan responden cenderung melalui jalur pusat daripada jalur pinggir. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS, terdapat pengaruh positif antara celebrity endorser terhadap minat beli sepatu Kanky x Tirta dengan minat beli sebesar 0,534. Kemudian terdapat hubungan yang positif yang rendah dan signifikan sebesar 0,361. Sehingga dapat diartikan H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun pada koefisien determinasi, angka R Square menunjukkan 13%, artinya sebanyak 13% minat beli Kanky x Tirta dipengaruhi oleh celebrity endorser. Sedangkan 87% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti seperti kualitas produk, harga, promosi, word of mouth, atau persuasi dari influencer lain.

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Minat Beli, Kanky x Tirta, Twitter, Elaboration Likelihood Model (ELM)

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Izzati Hidana Larasati (Penulis - 153200069) ; Yuseptia Angretnowati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Minat Beli, Kanky x Tirta, Twitter, Elaboration Likelihood Model (ELM)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:20
Last Modified: 22 Apr 2025 02:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42414

Actions (login required)

View Item View Item