Rafi, Larasati Kaisar (2025) PERSEPSI PENONTON TENTANG TAYANGAN RUANGGURU CLASH OF CHAMPIONS PADA PLATFORM YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
Abstrak_153210050_Larasati Kaisar Rafi.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
Cover_153210050_Larasati Kaisar Rafi.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_153210050_Larasati Kaisar Rafi.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_153210050_Larasati Kaisar Rafi.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_153210050_Larasati Kaisar Rafi.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULLTEXT_153210050_Larasati Kaisar Rafi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Masifnya digitalisasi pendidikan telah mendorong masyarakat untuk beradaptasi
dengan cepat dalam mengikuti inovasi konten edukasi pada media sosial, salah satunya
pada platform YouTube. Berbagai macam konten edukasi tersebut tidak hanya datang
sebagai keuntungan, tetapi juga tantangan bagi penyedia konten pembelajaran,
Fenomena ini menuntut para pihak penyedia layanan pembelajaran untuk membuat
inovasi konten, termasuk Ruangguru. Konten Ruangguru Clash of Champions ini
menghadirkan berbagai macam respon dari masyarakat terkait konsep dan inovasi
terkait tayangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan faktor
yang melatarbelakangi persepsi penonton tentang tayangan Ruangguru Clash of
Champions pada platform YouTube sebagai media pembelajaran siswa. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial yang dikemukakan oleh Peter
L Berger. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara
terhadap siswa, guru, dan orang tua siswa sebagai penonton tayangan Ruangguru Clash
of Champions. Hasil penelitian menunjukan bahwa tayangan Ruangguru Clash of
Champions bukan sekadar konten hiburan, melainkan juga berperan sebagai media
pembelajaran yang membentuk pola pikir serta memotivasi siswa. Proses konstruksi
sosial yang terjadi menunjukkan bagaimana realitas yang diciptakan melalui
eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi oleh para audiens. Penerimaan terhadap
tayangan ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang melatarbelakanginya. Perbedaan
preferensi dan juga persepsi yang ada disebabkan oleh faktor keluarga, pendidikan,
pengalaman, dan lingkungan sosial turut berdampak pada cara individu dalam
memaknai tayangan ini.
Kata Kunci: persepsi, tayangan edukasi, Ruangguru Clash of Champions, media
pembelajaran siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, tayangan edukasi, Ruangguru Clash of Champions, media pembelajaran siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |