PENGARUH KUALITAS KONTEN DAN PENGGUNAAN ELEMEN VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @FROYONION TERHADAP PERILAKU ENGAGEMENT PENGIKUT

Fabian, Moreno (2025) PENGARUH KUALITAS KONTEN DAN PENGGUNAAN ELEMEN VISUAL PADA AKUN INSTAGRAM @FROYONION TERHADAP PERILAKU ENGAGEMENT PENGIKUT. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_153210152_Moreno Fabian.pdf] Text
COVER_153210152_Moreno Fabian.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of ABSTRAK_153210152_Moreno Fabian-2.pdf] Text
ABSTRAK_153210152_Moreno Fabian-2.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_153210152_Moreno Fabian-3.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_153210152_Moreno Fabian-3.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_153210152_Moreno Fabian-4.pdf] Text
DAFTAR ISI_153210152_Moreno Fabian-4.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_153210152_Moreno Fabian-5.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_153210152_Moreno Fabian-5.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of SKRIPSI_153210152_Moreno Fabian.pdf] Text
SKRIPSI_153210152_Moreno Fabian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Kualitas konten dan penggunaan elemen visual pada platform media sosial seperti Instagram telah menjadi bagian penting dari strategi komunikasi di era digital khususnya dalam mempengaruhi perilaku audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas konten dan penggunaan elemen visual pada akun Instagram @Froyonion terhadap perilaku engagement pengikut. Media sosial, khususnya Instagram, menjadi platform penting bagi media untuk membangun hubungan emosional dengan audiens melalui konten visual dan kualitas informasi yang relevan. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model dalam mengasumsikan jalur sentral sebagai kualitas konten dan jalur periferal sebagai penggunaan elemen visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas konten dan elemen visual secara signifikan mempengaruhi perilaku engagement pengikut sebesar 22,7%, secara simultan. Sementara secara parsial, kualitas konten mempengaruhi perilaku engagement sebesar 20% dan penggunaan elemen visual mempengaruhi perilaku engagement sebesar 19,9%. Kombinasi dari kedua variabel tersebut mampu meningkatkan interaksi seperti likes and share, comment, dan viewers konten. Penemuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi kreator konten dan brand dalam mengoptimalkan strategi komunikasi visual untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Kata Kunci: Kualitas Konten, Elemen Visual, Perilaku Engagement, Instagram, Platform Media

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Moreno Fabian (Penulis - 153210152) ; Khuswatun Hasanah (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Konten, Elemen Visual, Perilaku Engagement, Instagram, Platform Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:14
Last Modified: 22 Apr 2025 01:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42388

Actions (login required)

View Item View Item