FIKRIYADI, AGUS (2024) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN OVERBURDEN DI TAMBANG TERBUKA BATUBARA PT BARA TAMA WIJAYA SITE PT WIRADUTA SEJAHTERA LANGGENG, KABUPATEN MUARA ENIM, PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_112200101_Agus Fikriyadi.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_112200101_Agus Fikriyadi.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_112200101_Agus Fikriyadi.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_112200101_Agus Fikriyadi.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_112200101_Agus Fikriyadi.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Full_112200101_Agus Fikriyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PT Bara Tama Wijaya (PT BTW) merupakan perusahaan jasa pertambangan
batubara yang beroperasi di daerah Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera
Selatan. Operasi penambangan dilakukan secara terbuka dengan metode open pit.
Pada lokasi penelitian, permasalahan yang timbul yaitu produktivitas pada bulan
Januari 2024 dari target 305 BCM/jam yang hanya mampu menghasilkan 295
BCM/jam sehingga target produktivitas pada pit tidak tercapai. Oleh karena itu
perlu dilakukan kajian mengenai produktivitas alat muat dan alat angkut pada pit.
Kegiatan pengupasan tanah penutup menggunakan alat gali-muat excavator
CAT 352 dan alat angkut dump truck Scania P410. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui produktivitas alat mekanis agar mencapai target produktivitas yang
telah ditentukan. Target produktivitas adalah 305 BCM/jam. Satu fleet
menggunakan 1 alat gali-muat dan 5 alat angkut. Dari data aktual di lokasi
penelitian didapat produktivitas alat gali-muat sebesar 369,21 BCM/jam (tercapai)
dan 5 alat angkut sebesar 295,90 BCM/jam (tidak tercapai).
Faktor – faktor yang menyebabkan produktivitas tidak tercapai adalah lebar
jalan angkut yang belum sesuai, kehilangan waktu kerja yang menyebabkan
efisiensi kerja berkurang, dan kurang optimalnya waktu edar alat angkut. Upaya
peningkatan produktivitas dapat dilakukan dengan cara pengoptimalan waktu edar
alat angkut dan melakukan pelebaran pada segmen jalan serta melakukan
pengoptimalan pada kehilangan waktu yang ada. Setelah dilakukan perbaikan maka
produktivitas alat angkut meningkat menjadi 365,49 BCM/jam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat gali-muat, alat angkut, produktivitas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 01:22 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 01:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |