BAIHAQI, MUHAMMAD HAFIZUL (2025) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PENGANGKUTAN BATUBARA PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE ABP KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_112190050_Muhammad Hafizul Baihaqi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_112190050_Muhammad Hafizul Baihaqi.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_112190050_Muhammad Hafizul Baihaqi.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_112190050_Muhammad Hafizul Baihaqi.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_112190050_Muhammad Hafizul Baihaqi.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_112190050_Muhammad Hafizul Baihaqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PT Antareja Mahada Makmur (PT AMM) merupakan perusahaan
kontraktor yang bergerak dalam bidang jasa pertambangan yang ada di PT
Alamjaya Bara Pratama (PT ABP). PT AMM memiliki fokus kegiatan yaitu
pengupasan tanah pucuk, pengupasan lapisan tanah penutup, penambangan
batubara, pengangkutan batubara, dan pemeliharaan jalan.
Di lokasi penelitian, terdapat kondisi tidak aman dan tindakan tidak aman
selama pelaksanaan kegiatan penambangan. Untuk menghindari kemungkinan
terjadinya kecelakaan kerja, maka perlu dilakukan manajemen risiko pada
pengangkutan batubara untuk mengurangi atau menghilangkan kemungkinan
terjadinya kecelakaan kerja yaitu dengan melakukan identifikasi potensi bahaya,
penilaian risiko, dan pengendalian risiko menggunakan metode Hazard
Identification and Risk Assessment (HIRA) yaitu metode terstruktur untuk
mendeteksi dan mengevaluasi bahaya dalam sistem proses. Berdasarkan hasil
identifikasi bahaya pada pengangkutan batubara terdapat 10 potensi bahaya yang
terdiri atas kondisi tidak aman seperti lebar jalan sempit dan tindakan tidak aman
seperti tidak menggunakan APD lengkap. Kemudian dilakukan penilaian risiko
yang mana diperoleh hasil berupa 2 risiko tingkat kritikal, 6 risiko tingkat tinggi, 2
risiko tingkat sedang, dan 0 risiko tingkat low. Setelah dilakukan pengendalian
risiko, tingkat risiko turun menjadi 0 risiko tingkat kritical, 0 risiko tingkat tinggi,
0 risiko tingkat sedang dan 10 risiko tingkat rendah.
Dari hasil penelitian, diperlukan adanya evaluasi geometri jalan pada
kegiatan pengangkutan batubara dan didapatkan hasil lebar jalan minimum adalah
8,75 m dan tikungan 10,5 m. Dari hasil evaluasi geometri jalan masih terdapat
segmen jalan yang memerlukan perbaikan pada lebar jalan, cross slope,
superelevasi, dan tinggi tanggul pengaman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan, kesehatan kerja, pengangkutan batubara |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 07:13 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 07:15 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |