EVALUASI PARAMETER KECEPATAN DUMP TRUCK PER SEGMENTASI JALAN OVER BURDEN DAN NILAI FIXED TIME UNTUK PERENCANAAN CYCLE TIME YANG LEBIH AKURAT DI DEPARTEMEN STRATEGIC AND MINE PLANNING PT KALTIM PRIMA COAL

RIBOWO, DENYA CAKRABHASKARA (2024) EVALUASI PARAMETER KECEPATAN DUMP TRUCK PER SEGMENTASI JALAN OVER BURDEN DAN NILAI FIXED TIME UNTUK PERENCANAAN CYCLE TIME YANG LEBIH AKURAT DI DEPARTEMEN STRATEGIC AND MINE PLANNING PT KALTIM PRIMA COAL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf] Text
2. Cover_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf] Text
3. Abstrak_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf] Text
5. Daftar Isi_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka _112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf] Text
6. Daftar Pustaka _112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_112200119_Denya Cakrabhaskara Aribowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Kaltim Prima Coal adalah salah satu perusahaan tambang batubara yang bergerak dalam bidang penambangan dengan komoditas batubara. PT Kaltim Prima Coal terletak pada kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur dengan wilayah penambangan berada di daerah Sangatta dan Bengalon.

Tingkat keberhasilan penambangan salah satunya ditandai dengan tercapainya target produksi baik produksi overburden maupun produksi batubara. Hal ini dikarenakan apabila target produksi overburden tidak tercapai maka pengambilan batubara tidak dapat dilakukan dengan optimal. Untuk menunjang kegiatan tersebut diperlukan perencanaan yang baik. Termasuk dalam hal perencanaan Cycle time alat angkut. Departemen Strategic and Mine Planning dalam perencanaan Cycle time alat angkut menggunakan program TALPAC (Truck and Loader Productivity Analysis and Costing) adalah sebuah software yang digunakan untuk menghitung cycle time system pengangkutan yang disuaikan dengan situasi jalan yang ada dilapangan. Software Talpac memiliki parameter yang mengkaji kecepatan berdasarkan grade jalan dan jarak yang panjangnya lebih dari 200 m dan kurang dari 200 m. Pada penelitian akan melihat apakah nilai parameter kecepatan pada software TALPAC sebelumnya masih sesuai dengan kondisi saat ini atau sudah mengalami perubahan.

Hasil pengamatan menunjukan bahwa kecepatan alat angkut bermuatan dari 14 kondisi grade jalan terdapat 12 kondisi jalan yang mengalami penurunan nilai kecepatan, hanya terdapat 2 kondisi yang mengalami kenaikan nilai dari parameter milik perusahaan, yaitu pada segmen dengan grade >-5 dari yang semula nilai kecepatan 15 km/jam berubah menjadi 25 km/jam dan pada segmen dengan grade -5 To -3 dari yang semula nilai kecepatan 20 km/jam berubah menjadi 25 km/jam. Sedangkan untuk kecepatan alat angkut pada saat kondisi tidak bermuatan dari 14 kondisi grade jalan terdapat 9 kondisi jalan yang mengalami penurunan nilai kecepatan, hanya terdapat 5 kondisi yang mengalami kenaikan nilai dari parameter perusahaan, yaitu pada segmen dengan grade >5 dari yang semula nilai kecepatan 25km/jam menjadi 30 km/jam, pada segmen dengan grade 3 To 5 yang semula 25km/jam berubah menjadi 30 km/jam, pada segmen dengan grade >5 yang semula 25km/ jam berubah menjadi 30 km/jam, pada segmen dengan grade >-5 yang semula 20 km/jam berubah menjadi 30 km/jam, dan yang terakhir pada segmen dengan grade -5 To -3 yang semula 25 km/jam berubah menjadi 30 km/jam. maka parameter sebelumnya perlu diperbarui dan disesuaikan dengan kondisi saat ini agar dalam perencanaan cycle time yang dilakukan dapat lebih akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:21
Last Modified: 08 Jan 2025 02:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42019

Actions (login required)

View Item View Item