ANALISIS PENGARUH GEOMETRI JALAN ANGKUT TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT BUMI KARYA MAKMUR JOBSITE PT CERIA NUGRAHA INDOTAMA KABUPATEN KOLAKA

JUSMAN, INDAH KURNIA SARI (2024) ANALISIS PENGARUH GEOMETRI JALAN ANGKUT TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT DI PT BUMI KARYA MAKMUR JOBSITE PT CERIA NUGRAHA INDOTAMA KABUPATEN KOLAKA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf] Text
2. Cover_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf] Text
3. Abstrak_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf] Text
5. Daftar Isi_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_112200004_Indah Kurnia Sari Jusman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Bumi Karya Makmur merupakan salah satu perusahaan kontraktor pada PT Ceria Nugraha Indotama yang bergerak dibidang pertambangan yang melakukan kegiatan penambangan Bijih Nikel. Sistem penambangan yang diterapkan yaitu sistem tambang terbuka dengan metode open pit. Aktivitas penambangan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan. Pengangkutan Bijih Nikel menjadi salah satu faktor yang penting dalam mencapai target produksi. Jalan angkut yang baik menjadi salah satu syarat dalam kegiatan pengangkutan.

Hasil dari penelitian di lapangan, target produktivitas alat angkut dari perusahaan dengan jarak angkut 7,5 km sebesar 25,048 ton/jam. Dari target tersebut hanya tercapai sebesar 22,972 ton/jam. Faktor penyebab tidak tercapainya target produktivitas alat angkut adalah pada waktu edar alat angkut, terutama pada waktu kondisi bermuatan dan waktu kondisi kosong. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa segmen jalan angkut dengan geometri tidak standar, yaitu lebar pada jalan lurus 9 m, lebar jalan tikungan 14 m dan grade jalan 12%. Kondisi ini menyebabkan kecepatan alat angkut aktual pada kondisi bermuatan sebesar 18 km/jam dan pada kondisi tidak bermuatan sebesar 22 km/jam.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ukuran standar geometri jalan angkut yang digunakan dan meningkatkan produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan secara teoritis melalui simulasi rimpull. Penelitian ini dimulai dari studi literatur yang sesuai dengan topik penelitian, melakukan pengamatan di lapangan untuk mendapatkan data primer dan sekunder lalu data yang terkumpul di analisis untuk menghasilkan solusi dalam menyelesaikan masalah.

Waktu edar alat angkut aktual sebesar 48,66 menit kemudian setelah dilakukan simulasi rimpull dan didapatkan waktu edar alat angkut simulasi sebesar 43,53 menit. Produktivitas alat angkut aktual sebesar 22,972 ton/jam dan setelah disimulasikan menjadi 25,677 ton/jam. Terjadinya peningkatan produktivitas besar sebesar 10%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lebar jalan dan grade jalan melebihi standar perusahaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target produksi pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 13 Dec 2024 00:53
Last Modified: 13 Dec 2024 00:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41864

Actions (login required)

View Item View Item