RIDWANIA, NAUFAL NIDA SABILA (2024) KAJIAN MANAJEMEN RISIKO PADA PENGANGKUTAN MATERIAL BIJIH DAN WASTE DI PT SAMUDERA MULIA ABADI JOB SITE PT J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW, SULAWESI UTARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
SKRIPSI FULLTEXT_112200125_NAUFAL NIDA SABILA RIDWANIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK_112200125_Naufal Nida Sabila Ridwania.pdf Download (45kB) |
|
Text
COVER_112200125_Naufal Nida Sabila Ridwania (1).pdf Download (103kB) |
|
Text
Lembar pengesahan_112200125_Naufal Nida Sabila Ridwania.pdf Download (275kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_112200125_Naufal Nida Sabila Ridwania.pdf Download (111kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_112200125_Naufal Nida Sabila Ridwania.pdf Download (105kB) |
Abstract
PT. Samudera Mulia Abadi (PT SMA) merupakan perusahaan yang
bergerak di bidang pertambangan, dengan lokasi penambangan yang terletak di
daerah Desa Bakan, Lolayan, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Sistem
penambangan yang digunakan oleh PT J Resource adalah tambang terbuka dengan
metode open pit. Penelitian ini memfokuskan pada kegiatan pengangkutan material
bijih dan waste dari front Mainridge menuju HLP dan wastedump Magazine.
Untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja, maka perlu
dilakukan manajemen risiko pada kegiatan pengangkutan material bijih dan waste
untuk mengurangi atau menghilangkan kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja
yaitu dengan melakukan identifikasi potensi bahaya menggunakan metode diagram
fishbone dan Hazard Identification and Risk Assessment, penilaian risiko, dan
pengendalian risiko. Berdasarkan hasil identifikasi bahaya pada kegiatan
pengangkutan material bijih dan waste terdapat 12 potensi bahaya yang terdiri atas
7 kondisi tidak aman dan 5 tindakan tidak aman. Berdasarkan metode root cause
analysis diagram fishbone diperoleh 3 faktor yaitu faktor manusia, faktor
lingkungan dan faktor metode. Dari hasil penelitian, diperlukan adanya evaluasi
geometri jalan pada kegiatan pengangkutan Material bijih dan waste. Dari hasil
evaluasi geometri jalan masih terdapat segmen jalan yang memerlukan perbaikan
pada lebar jalan,), cross slope, superelevasi, besar sudut belokan dan tinggi tanggul
pengaman (safety berm). Kemudian dilakukan penilaian risiko yang mana diperoleh
hasil berupa 3 risiko tingkat critical, 4 risiko tingkat high,dan 5 risiko tingkat
medium. Setelah dilakukan pengendalian risiko, tingkat risiko turun menjadi 0
risiko tingkat critical, 0 risiko tingkat high, 3 risiko tingkat medium, 9 risiko tingkat
low
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cross slope, material bijih, waste |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 01:10 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 01:10 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41853 |
Actions (login required)
View Item |