Syarif, Raihan Zuhair (2024) ANALISIS PENINGKATAN KINERJA PEMASOK MENGGUNAKAN METODE SUPPLIER RELATIONSHIP MANAGEMENT (Studi Kasus : PT Pupuk Kaltim Bontang, Kalimantan Timur). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_122200110_Raihan Zuhair Syarif.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
|
Text
2. Cover_122200110_Raihan Zuhair Syarif.pdf Download (78kB) |
|
Text
3. Abstrak_122200110_Raihan Zuhair Syarif.pdf Download (20kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_122200110_Raihan Zuhair Syarif.pdf Download (408kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_122200110_Raihan Zuhair Syarif.pdf Download (132kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_122200110_Raihan Zuhair Syarif.pdf Download (110kB) |
Abstract
PT Pupuk Kaltim merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi
ammonia, pupuk urea dan NPK. Dalam menjalankan produksinya terdapat
Departemen Perencanaan, Penerimaan & Pergudangan (PP&P). Meskipun PT
Pupuk Kaltim telah menerapkan berbagai pendekatan untuk mengelola supplier,
masih ada beberapa tantangan yang memengaruhi kinerja operasional perusahaan.
Permasalahan yang dihadapi oleh Departemen PP&P masih ditemukan supplier
yang berkinerja kurang baik sebanyak 57 supplier. Hal ini dipengaruhi oleh
Purchase Order dari 12 supplier yang belum di confirm maupun approved di SAP
system tetapi barang sudah datang di receiving dengan presentase 21.05% dan
terdapat 17 supplier melakukan pengiriman barang ditemukan dokumen yang tidak
lengkap dengan presentase 29.82%. Serta terdapat 8 supplier kerap mengalami
keterlambatan dalam pengiriman bahan baku sebesar 40%.
Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan kinerja supplier dengan
mempertimbangkan kriteria yang telah ditentukan. Kriteria yang digunakan yaitu
Aspek SRM dan Kinerja pemasok. Metode yang digunakan yaitu metode Supplier
Relationship Management (SRM) digunakan untuk mengevaluasi dan memperbaiki
kinerja supplier.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui peningkatan kinerja pemasok
menggunakan metode Supplier Relationship Management (SRM) memiliki
pengaruh positif dan signifikan. Hal ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata 85,25
pada aspek SRM dan nilai rata-rata 87,22 pada kinerja pemasok yang menunjukkan
bahwa kinerja pemasok berada pada kategori sangat baik.
Kata kunci: Kinerja supplier, SCM, SRM, Korelasi, Regresi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja supplier, SCM, SRM, Korelasi, Regresi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:50 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:50 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41788 |
Actions (login required)
View Item |