Romauli, Olivia Eunike (2024) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP KEBEBASAN PEREMPUAN DALAM IKLAN SOFTEX DAUN SIRIH “HILANGIN HALANGAN SIRIHOUSLY” DI YOUTUBE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover_153200075_Olivia Eunike Romauli.pdf Download (165kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200075_Olivia Eunike Romauli.pdf Download (150kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200075_Olivia Eunike Romauli.pdf Download (178kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200075_Olivia Eunike Romauli.pdf Download (165kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200075_Olivia Eunike Romauli.pdf Download (206kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_153200075_Olivia Eunike Romauli.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Dalam tren periklanan, iklan tidak lagi hanya terpaku pada promosi produk, tetapi juga menggambarkan isu sosial, seperti isu gender. Seiring perkembangan isu gender dan preferensi masyarakat, banyak iklan bertemakan pemberdayaan perempuan hingga muncul istilah “femvertising”. Melalui iklan Softex Daun Sirih “Hilangin Halangan SIRIHously” yang ditayangkan di YouTube, Softex mengangkat isu perempuan yang direpresentasikan melalui band metal Voice of Baceprot (VoB). Iklan tersebut menceritakan bahwa perempuan mampu menghilangkan halangan berupa stigma, diskriminasi, dan hambatan lainnya yang membatasi mereka dalam mencapai aspirasi hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap kebebasan perempuan dalam iklan tersebut serta mengetahui faktor-faktor yang memengaruhinya. Untuk itu, penelitian ini menggunakan teori resepsi Stuart Hall, konsep kebebasan, dan konsep kesetaraan gender sebagai kerangka teori penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi pustaka. Wawancara mendalam dilakukan terhadap sepuluh khalayak aktif iklan Softex Daun Sirih “Hilangin Halangan SIRIHously”, yang terdiri dari perempuan dan laki-laki dengan latar belakang yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua posisi pemaknaan, yakni dominant-hegemonic position dan negotiated position. Tujuh informan pada dominant-hegemonic position memiliki pemaknaan yang sejalan mengenai kebebasan perempuan dalam wacana dominan. Sementara itu, ketiga lainnya pada posisi negotiated position memaknai bahwa kebebasaran perempuan adalah sesuatu yang tidak merugikan orang lain, tidak melanggar agama dan atributnya, serta bukan lagi perihal tanggung jawab domestik. Perbedaan resepsi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor yang melatarbelakangi tiap informan, mulai dari kerangka pengetahuan mereka yang meliputi aspek sosiogeografis, sosiodemografis, serta gaya hidup dan psikososial; hubungan produksi; dan infrastruktur teknis dalam iklan. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa VoB sebagai celebrity endorser mampu menambah daya Tarik iklan dan menciptakan hubungan emosional dengan khalayak secara efektif karena VoB dinilai telah memperkuat pesan iklan, adanya ikatan dengan penggemar, dan memiliki nilai popularitas.
Kata kunci: Analisis Resepsi, Encoding-Decoding, Iklan, Kebebasan Perempuan, Kesetaraan Gender
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Resepsi, Encoding-Decoding, Iklan, Kebebasan Perempuan, Kesetaraan Gender |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41767 |
Actions (login required)
View Item |