Saputra, Arie (2013) Analisis Kepuasan Pengecer Semen Gresik terhadap Pelayanan Distribusi ( Studi pada pengecer PT. Varia Usaha di wilayah Kab. Sleman, Yogyakarta ). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Arie Saputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
Text
ABSTRAKSI_.pdf Download (121kB) |
Abstract
ABSTRAKSI
Arie Saputra, Nomor Mahasiswa 152090014, Jurusan Ilmu Admnistrasi Bisnis,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran.
Judul Penelitian, Analisis Kepuasan Pengecer Semen Gresik terhadap Pelayanan
Distribusi ( Studi pada pengecer PT. Varia Usaha di wilayah Kab. Sleman, Yogyakarta )
, 2013. Pembimbing Humam Santosa dan Ida Susi Dewanti.
Penelitian yang berjudul Analisis Kepuasan Pengecer Semen Gresik terhadap
Pelayanan Distribusi, bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengecer PT Varia
Usaha di wilayah Kab. Sleman.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kepuasan
pengecer semen gresik terhadap pelayanan distribusi PT. Varia Usaha di Kab. Sleman,
Yogyakarta. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif, yaitu dengan unit analisis pengecer semen gresik yang berstatus sebagai
pelanggan tetap pada PT. Varia Usaha. Sedangkan teknik sampling yang digunakan
adalah probability sampling yaitu dengan cara Simple Random Sampling, dengan
menggunakan ukuran sampel sebanyak 30 orang responden.
Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
Importance – Performance Matrix. Indikator yang digunakan untuk kepuasan adalah
ketanggapan petugas PT. Varia Usaha, kemudahan menghubungi PT. Varia Usaha
melalui telepon atau alat komunikasi lain, ketepatan dalam memberikan pelayanan,
bantuan kegiatan promosi untuk produk semen gresik, ketepatan sales dalam
memberikan informasi harga, ketepatan jumlah barang yang dipesan, tepat waktu dalam
pengiriman, kunjungan pelayanan ke toko – toko pengecer, kemudahan dalam
melakukan pembayaran tagihan order, keramahan dan kesopanan petugas dalam
memberikan pelayanan, kepekaan dan kesigapan petugas penerima keluhan pengecer,
pelayanan dalam menata barang, ketersediaan semen sewaktu – waktu diminta
mendadak, registrasi / pendaftaran toko baru mudah di layani, dan jaminan barang yang
dikirim tidak rusak.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum
pengecer semen gresik di wilayah Kab.Sleman belum puas terhadap pelayanan yang
diberikan PT. Varia Usaha, hal ini ditunjukan dengan nilai rata – rata performance lebih
rendah dari nilai rata – rata importance. Sehingga dapat disimpulkan apa yang
diharapkan oleh pengecer belum sesuai dengan kinerja yang diberikan oleh PT. Varia
Usaha Yogyakarta. Item – item yang dinilai tingkat kepentingan ( importance )
pengecer dan kinerja ( performance ) yang di berikan oleh PT. Varia Usaha Yogyakarta
sudah tinggi meliputi pada kuadran dua yaitu Kemudahan menghubungi PT VU
melalui telepon atau alat komunikasi lain, ketepatan dalam memberikan pelayanan,
ketepatan sales dalam memberikan informasi harga, dan ketersediaan semen
sewaktu – waktu diminta mendadak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:29 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41734 |
Actions (login required)
View Item |