Harsono, Luthfiyah Rofa (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK BROWNIES GLUTEN FREE PADA UMKM MISSBROWN MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Skripsi Fulltext_135200116_Luthfiyah Rofa Harsono.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Cover_135200116_Luthfiyah Rofa Harsono.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak_135200116_Luthfiyah Rofa Harsono.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_135200116_Luthfiyah Rofa Harsono.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi_135200116_Luthfiyah Rofa Harsono.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka_135200116_Luthfiyah Rofa Harsono.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor internal dan faktor eksternal
pada UMKM Missbrown, (2) Menganalisis alternatif-altenatif strategi pemasaran
yang diterapkan pada UMKM Missbrown, (3) Menentukan prioritas strategi
pemasaran yang tepat untuk diterapkan di UMKM Missbrown. Metode penelitian
menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jenis
penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengambilan responden secara purposive.
Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, Forum Group Discussion
(FGD), kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui Matriks IFE
(Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), Matriks
IE (Internal External), Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat),
dan Analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Faktor internal, kekuatan utama yaitu keripik brownies
berbahan gluten free dan keripik brownies telah memiliki perizinan P-IRT dan
Halal. Kelemahan utama yaitu kemasan produk rawan membuat keripik brownies
patah. Faktor eksternal, peluang utama yaitu adanya kerjasama antara Dinas
Koperasi dan UKM DIY dengan platform SiBakul yang membantu memberikan
fasilitas pengiriman gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Ancaman utama yaitu
kenaikan harga input, (2) Alternatif-alternatif strategi pemasaran UMKM
Missbrown adalah menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan memperluas
pasar umum dan khusus secara offline dan online dengan fasilitas SiBakul, (3)
Prioritas strategi pemasaran yang tepat adalah memperluas pasar umum dan khusus
secara offline dan online dengan fasilitas SiBakul.
Kata Kunci: Keripik Brownies, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Analisis
QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keripik Brownies, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Analisis QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:21 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41723 |
Actions (login required)
View Item |