KHASANAH, WAKHIDATUN (2024) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI PT BUMI KARYA MAKMUR JOBSITE PT CERIA NUGRAHA INDOTAMA, SULAWESI TENGGARA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_112200093_Wakhidatun Khasanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
2. Cover_112200093_Wakhidatun Khasanah.pdf Download (126kB) |
|
Text
3. Abstrak_112200093_Wakhidatun Khasanah.pdf Download (187kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_112200093_Wakhidatun Khasanah.pdf Download (169kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_112200093_Wakhidatun Khasanah.pdf Download (192kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_112200093_Wakhidatun Khasanah.pdf Download (409kB) |
Abstract
PT Bumi Karya Makmur (PT BKM) merupakan salah satu kontraktor
penambangan PT Ceria Nugraha Indotama (PT CNI). Lokasi penelitian berada di
Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. PT BKM
menggunakan sistem tambang terbuka dengan metode open pit untuk penambangan
bijih nikel. Pada tahun 2022-2023 terdapat 8 kecelakaan. Terdapat 2 kecelakaan
yang terjadi di loading point, 5 kecelakaan di MHR (Main Hauling Road), dan 1
kecelakaan terjadi di stockpile. Kecelakaan terjadi karena tindakan tidak aman dan
kondisi tidak aman. Kondisi tidak aman salah satunya disebabkan oleh geometri
kerja yang tidak sesuai.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis statistik kecelakaan,
mengevaluasi geometri kerja, mengidentifikasi dan menilai risiko potensi bahaya,
serta menganalisis upaya pengendalian risiko pada kegiatan penambangan PT
BKM. Metode penelitian yaitu dengan menggunakan metode HIRA. Tahapan
penelitian yang dilakukan yaitu studi literatur, observasi lapangan, pengambilan
data, pengolahan dan analisis data, dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil perhitungan, pada tahun 2022 terdapat 4 kecelakaan kerja
dengan nilai frequency rate sebesar 30 dan severity rate sebesar 0. Sedangkan tahun
2023 terdapat 4 kecelakaan kerja dengan nilai frequency rate sebesar 31 dan
severity rate sebesar 0. Kenaikan nilai frequency rate dari 2022 ke 2023
dipengaruhi oleh jam pemaparan yang berkurang sedangkan jumlah kecelakaan
yang sama. Sehingga kekerapan terjadinya kecelakaan meningkat.
Dari hasil analisis geometri kerja, lebar front penambangan sudah sesuai,
sedangkan geometri jalan angkut masih diperlukan adanya perbaikan. Terdapat
beberapa segmen jalan yang memerlukan perbaikan berupa lebar jalan, kemiringan
jalan (grade), radius tikungan, dan superelevasi.
Identifikasi bahaya dilakukan pada kegiatan ore getting, loading, dan
hauling. Berdasarkan hasil identifikasi pada kegiatan penambangan terdapat 9
kondisi tidak aman dan 2 tindakan tidak aman. Kemudian dilakukan penilaian risiko
yang diperoleh hasil berupa 5 risiko tingkat critical dengan persentase 45,5%, 5
risiko tingkat high dengan persentase 45,5%, dan 1 risiko tingkat medium dengan
persentase 9%. Pengendalian risiko dilakukan untuk menurunkan tingkat risiko.
Setelah pengendalian, tingkat risiko menurun menjadi 9 risiko tingkat medium
dengan persentase 82% dan 2 risiko tingkat low dengan persentase 18%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecelakaan kerja, keselamatan, penambangan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 03:31 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 03:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41680 |
Actions (login required)
View Item |