EVALUASI TEKNIS GEOMETRI AREA PEMUATAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT DI PIT NORTH MAIN RIDGE PT J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW SITE BAKAN, SULAWESI UTARA

PINONTOAN, VHINSKY EFRAIM (2024) EVALUASI TEKNIS GEOMETRI AREA PEMUATAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT DI PIT NORTH MAIN RIDGE PT J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW SITE BAKAN, SULAWESI UTARA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan (1).pdf] Text
1. Skripsi Full Text_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 2. Cover_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf] Text
2. Cover_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf] Text
3. Abstrak_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf] Text
5. Daftar Isi_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_112200089_Vhinsky Efraim Pinontoan.pdf

Download (86kB)

Abstract

v
RINGKASAN
PT J Resources Bolaang Mongondow (PT JRBM) site Bakan adalah salah
satu anak perusahaan PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), yang merupakan
perusahaan tambang komoditas emas, dengan sistem tambang terbuka (surface
mining) dan metode penambangan open pit. Perusahaan ini berlokasi di Desa
Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi
Utara. Dalam kegiatan penggalian dan pemuatan di PT JRBM khususnya di pit
North Main Ridge digunakan backhoe Volvo EC480D dan Hitachi Zaxis 870LCH.
Kedua alat tersebut memiliki target produktivitas yang sudah ditetapkan, yaitu
masing-masing 350 ton/jam dan 650 ton/jam. Sedangkan dalam kegiatan
pengangkutan, alat angkut yang digunakan adalah dump truck Liugong DW90A,
serta articulated dump truck (ADT) Volvo A40G dan A60H.
Berdasarkan pengamatan di lapangan dan hasil pengolahan data, beberapa
alat gali muat di pit North Main Ridge belum memenuhi target produktivitas yang
ditetapkan yakni pada blok 375 TA dan 375 TE untuk backhoe Volvo EC480D dan
untuk backhoe Hitachi ZAXIS 870LCH yaitu pada blok 385 TM, 375 TA, TB 375,
375 TG, dan 375 TD. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi front penambangan
yang kurang optimal seperti front berair, terdapat undulasi, serta geometri area
pemuatan yang terlalu sempit dan rendah menyebabkan penurunan produktivitas
alat gali muat. Selain itu, area pemuatan yang sempit juga dapat meningkatkan
waktu maneuver / positioning alat angkut sehingga produktivitasnya berkurang.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan geometri area
pemuatan yang ideal untuk diterapkan di pit North Main Ridge, menganalisis
pengaruh tinggi dan lebar area pemuatan terhadap produktivitas alat gali muat, serta
menganalisis pengaruh lebar area pemuatan terhadap produktivitas alat angkut.
Pada area pemuatan backhoe Volvo EC480D, tinggi area pemuatan yang
diamati berkisar dari 1,46 – 2,15 meter dan lebar area pemuatan berkisar dari 10,86
– 19,49 meter. Sedangkan untuk backhoe Hitachi ZAXIS 870LCH tinggi area
pemuatan yang diamati berkisar dari 1,71 – 3,55 meter dan lebar area pemuatan
berkisar dari 9,03 – 27,17 meter. Namun berdasarkan hasil perhitungan, geometri
optimal area pemuatan adalah 2,5 meter untuk tinggi, dan 17-21 meter untuk lebar.
Pada area pemuatan yang belum mencapai tinggi minimal dapat dilihat bahwa alat
gali muat memiliki digging time besar dan faktor pengisian kecil. Kemudian pada
area pemuatan yang belum mencapai tinggi minimal, alat gali muat dan alat angkut
memiliki waiting time yang cukup besar. Setelah dilakukan perbaikan geometri area
pemuatan, produktivitas alat gali muat mencapai 105-155% dari target yang
ditetapkan. Sedangkan alat angkut juga mengalami peningkatan produktivitas
namun dengan jumlah yang lebih kecil daripada alat gali muat.
vi
SUMMARY
PT J Resources Bolaang Mongondow (PT JRBM) Bakan site is one of the
subsidiaries of PT J Resources Asia Pacific Tbk (PSAB), which is a gold commodity
mining company, with a surface mining system and open pit mining method. The
company is located in Bakan Village, Lolayan District, Bolaang Mongondow
Regency, North Sulawesi Province. In excavation and loading activities at PT
JRBM, especially in the North Main Ridge pit, Volvo EC480D and Hitachi Zaxis
870LCH backhoes are used. Both tools have productivity targets that have been set,
namely 350 tons / hour and 650 tons / hour. While in hauling activities, the
transport equipment used is the Liugong DW90A dump truck, as well as the Volvo
A40G and A60H articulated dump trucks (ADT).
Based on observations in the field and the results of data processing, several
backhoes in the North Main Ridge pit have not met the set productivity targets,
namely in blocks 375 TA and 375 TE for the Volvo EC480D backhoe, and namely
in blocks 385 TM, 375 TA, 375 TB, 375 TG, 375 TD for the Hitachi ZAXIS 870LCH
backhoe. This is due to the less than optimal condition of the loading fronts such as
watery fronts, undulations, and loading front geometries that are too narrow and
low, causing a decrease in the productivity of the backhoes. In addition, narrow
loading fronts can also increase the maneuvering/positioning time of the hauling
units which causes low productivity.
The purpose of this study is to design the optimal geometry of the loading
front in the North Main Ridge pit, analyze the correlation between the loading front
geometry and the productivity of the excavating equipment, and analyze the
correlation between of loading front width and the productivity of the hauling units.
In the loading front of the Volvo EC480D backhoe, the observed loading
front height ranged from 1.46 - 2.15 meters and the loading front width ranged
from 10.86 - 19.49 meters. As for the Hitachi ZAXIS 870LCH backhoe, the observed
loading front height ranged from 1.71 - 3.55 meters and the loading front width
ranges from 9.03 - 27.17 meters. But based on the calculation results, the optimal
geometry of the loading front is 2.5 meters for height, and 17-21 meters for width.
In loading fronts that have not reached the minimum height, it can be seen that the
backhoes have a large digging time and a small bucket fill factor. While at the
loading front that has not reached the minimum height, the excavating and hauling
equipments have a large waiting time. After improving the loading front geometry,
the productivity of the backhoe reached 105-155% of the set target. While the
hauling units also experienced an increase in productivity but with a smaller
amount than the backhoes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:20
Last Modified: 07 Nov 2024 03:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41586

Actions (login required)

View Item View Item