SIMARMATA, MARIO PANDAPOTAN (2024) DESAIN DAN IMPLEMENTASI FITUR GAMIFIKASI PADA APLIKASI RIDE-HAILING JOGJAKITA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| ![[thumbnail of Cover_MarioPS_124200068.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Cover_MarioPS_124200068.pdf Download (221kB) | 
| ![[thumbnail of Abstrak_MarioPS_124200068.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Abstrak_MarioPS_124200068.pdf Download (239kB) | 
| ![[thumbnail of Pengesahan_MarioPS_124200068.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Pengesahan_MarioPS_124200068.pdf Download (393kB) | 
| ![[thumbnail of Daftar Isi_MarioPS_124200068.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftar Isi_MarioPS_124200068.pdf Download (292kB) | 
| ![[thumbnail of Daftar Pustaka_MarioPS_124200068.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftar Pustaka_MarioPS_124200068.pdf Download (186kB) | 
| ![[thumbnail of Skripsi Fulltext_MarioPS_124200068.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Skripsi Fulltext_MarioPS_124200068.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | 
Abstract
Aplikasi ride-hailing JogjaKita mengalami tantangan dalam bersaing dengan kompetitor 
sejenis, di mana strategi promosi masih terfokus pada konten media sosial dan fitur berbagi 
video tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pengguna. Untuk mengatasi 
masalah tersebut, diperlukan inovasi dalam bentuk pembaruan fitur. Penelitian ini bertujuan 
untuk merancang dan mengimplementasikan fitur gamifikasi sebagai strategi pembaruan pada 
aplikasi JogjaKita. Melalui analisis konsep gamifikasi yang tepat untuk aplikasi ride-hailing, 
penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen yang mampu memberikan nuansa baru pada 
aplikasi.
Pengembangan fitur dilakukan menggunakan metode V-Model yang terstruktur, sehingga 
menghasilkan prototipe aplikasi yang dapat mengintegrasikan fitur gamifikasi dengan baik. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep gamifikasi mampu memberikan penyegaran 
terhadap aplikasi dan berpotensi meningkatkan penggunaan aplikasi secara signifikan. 
Penerapan metode V-Model dalam pengembangan fitur juga terbukti efektif dalam memastikan 
kualitas dan fungsionalitas aplikasi. Dengan demikian, diharapkan inovasi ini dapat 
memberikan daya saing yang lebih baik bagi JogjaKita di pasar ride-hailing.
Kata Kunci: Aplikasi ride-hailing, gamifikasi, pengembangan fitur, V-Model, JogjaKita.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Aplikasi ride-hailing, gamifikasi, pengembangan fitur, V-Model, JogjaKita. | 
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science | 
| Depositing User: | Bayu Pambudi | 
| Date Deposited: | 24 Sep 2024 01:14 | 
| Last Modified: | 24 Sep 2024 01:14 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41260 | 
Actions (login required)
|  | View Item |