EVALUASI KUALITAS WEBSITE E-LEARNING MENGGUNAKAN ISO/IEC 25010 PADA WEBSITE GESCHOOL (STUDI KASUS: SMP NEGRI 3 DEPOK)

Azzahra, Dzulfi Khoiriyah (2024) EVALUASI KUALITAS WEBSITE E-LEARNING MENGGUNAKAN ISO/IEC 25010 PADA WEBSITE GESCHOOL (STUDI KASUS: SMP NEGRI 3 DEPOK). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_TA_DZULFI_KA.PDF] Text
COVER_TA_DZULFI_KA.PDF

Download (197kB)
[thumbnail of ABSTRAK_TA_DZULFI_KA.PDF] Text
ABSTRAK_TA_DZULFI_KA.PDF

Download (231kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI_TA_DZULFI_KA.PDF] Text
DAFTAR_ISI_TA_DZULFI_KA.PDF

Download (245kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_TA_DZULFI_KA.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA_TA_DZULFI_KA.PDF

Download (246kB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_PEMBIMBIN.PDF] Text
LEMBAR_PENGESAHAN_PEMBIMBIN.PDF

Download (644kB)
[thumbnail of TUGAS_AKHIR_DZULFI_KA.PDF] Text
TUGAS_AKHIR_DZULFI_KA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran e-learning digunakan sebagai sarana penyampaian materi dan
interaksi antara pengajar dan siswa. E-learning memudahkan siswa mengakses materi dari
mana saja selama terhubung dengan internet. SMP Negri 3 Depok mengadopsi e-learning
berbasis website bernama Geschool untuk menunjang kegiatan proses belajar dan mengajar
sehingga meningkatkan interaksi, pemahaman materi, dan keterlibatan siswa di berbagai
mata pelajaran. Selama masa penggunaannya ditemukan beberapa permasalahan seperti
waktu akses yang lama, fitur yang belum optimal, sistem sering down, masalah keamanan,
dan tampilan antarmuka yang membingungkan. Hal ini dapat menyebabkan informasi yang
disampaikan pada pengguna menjadi tidak akurat atau bahkan informasi tidak tersampakan
kepada penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas
Geschool di SMP Negri 3 Depok.
Evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan standar ISO/IEC 25010
dalam acuan pengujiannya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model kualitas
produk (Product Quality Model) yang terdiri dari delapan (8) karakteristik pengujian.
Karakteristik yang digunakan yakni functional suitability, performance efficiency,
compatibility, usability, reliability, security, maintainability, dan portability. Pengujian pada
beberapa karakteristik dilakukan dengan bantuan alat pengujian serta karakteristik lainnya
diuji dengan observasi secara langsung.
Pengujian website e-learning Geschool di SMP Negeri 3 Depok dihasilkan bahwa
website tersebut telah memenuhi tujuh karakteristik pada standar ISO/IEC 25010. Tujuh
karakteristik yang telah terpenuhi antara lain karakteristik functional suitability dengan hasil
skor 1, karakteristik compability dengan hasil 100%, karakteristik usability mendapatkan
kategori “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 81,7%, karakteristik reliability dengan
hasil 100%, karakteristik security dengan kategori “low” pada level 1, karakteristik
maintainbility memenuhi aspek pengujian Land, dan karakteristik portability dengan hasil
100%. Sedangkan karakteristik performance efficiency mendapat hasil pada grade C dan
belum memenuhi standar ISO/IEC 25010. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan,
website e-learning Geschool di SMP Negeri 3 Depok telah memenuhi standar ISO/IEC
25010 pada sebagian besar karakteristik dan masih perlu adanya perbaikan pada karakteristik
performance efficeincy sehingga dapat meningkatkan kinerja dan performa website serta
dapat memenuhi pada standar ISO/IEC 25010.
Kata kunci: Evaluasi Kualitas, E-Learning, ISO/IEC 25010

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kualitas, E-Learning, ISO/IEC 25010
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:57
Last Modified: 23 Sep 2024 06:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41251

Actions (login required)

View Item View Item