ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM KERIPIK KENIKIR JELITAQUE DI KRANGGAN 1 JOGOTIRTO KAPANEWON BERBAH KABUPATEN SLEMAN

NURKARIM, AHMAD (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM KERIPIK KENIKIR JELITAQUE DI KRANGGAN 1 JOGOTIRTO KAPANEWON BERBAH KABUPATEN SLEMAN. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of SKRI_PSI_FULL.PDF] Text
SKRI_PSI_FULL.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK_ENG.PDF] Text
ABSTRAK_ENG.PDF

Download (6kB)
[thumbnail of ABSTRAK_IND.PDF] Text
ABSTRAK_IND.PDF

Download (6kB)
[thumbnail of COVER.PDF] Text
COVER.PDF

Download (59kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI__2_.PDF] Text
DAFTAR_ISI__2_.PDF

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA__2_.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA__2_.PDF

Download (132kB)
[thumbnail of HALAMAN_PENGESAHAN__1_.PDF] Text
HALAMAN_PENGESAHAN__1_.PDF

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dimiliki
oleh UMKM keripik kenikir Jelitaque, (2) Menganalisis alternatif strategi pengembangan
produk UMKM keripik kenikir Jelitaque sesuai dengan kondisi lingkungan usahanya, (3)
Menganalisis prioritas strategi pengembangan produk yang tepat untuk UMKM Keripik
Kenikir Jelitaque. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan studi
kasus. Metode pengambilan responden secara purposive. pengumpulan data
menggunakan observasi, Focus Group Discussion (FGD), kuesioner, dan dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE, SWOT, dan QSPM. Hasil
penelitian menunjukan bahwa analisis faktor lingkungan internal, kekuatan utama adalah
produk yang dapat dibeli diberbagai toko dan resep yang digunakan selalu konsiten,
kelemahan utama belum memiliki e-commerce untuk pemasaran dan sarana promosi
produk terbatas. Analisis faktor eksternal peluang utama adalah platform online sebagai
sarana penjualan dan promosi, ancaman utama adalah masyarakat yang belum familiar
terkait produk keripik Jelitaque. Diperoleh hasil alternatif strategi pengembangan produk
untuk UMKM Keripik Kenikir Jelitaque yaitu strategi SO (Strength-Opportunitties)
dengan penerapan prioritas strategi pengembangan produk yang tepat yaitu menambah
inovasi produk.
Kata Kunci: Keripik, Kenikir, Strategi Pengembangan,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:45
Last Modified: 09 Sep 2024 08:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41084

Actions (login required)

View Item View Item