Budi, Irawan Setiya (2016) ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI KARYAWAN PELITA HARAPAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (192kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dengan berbasis
balanced scorecard pada Koperasi Karyawan Pelita Harapan. Balanced scorecard
memiliki empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk
perspektif keuangan di ambil dari laporan keuangan tahun 2013 dan tahun 2014.
Penentuan sampel penelitan ini menggunakan convenience sampling pada
Koperasi Karyawan Pelita Harapan. Untuk perspektif pelanggan sebanyak 100
responden sedangkan untuk karyawan koperasi sebanyak 10 responden yang
merupakan seluruh karyawan Koperasi Pelita Harapan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di perspektif keuangan cukup baik
dengan Rasio Likuiditas yang dihitung menggunakan rasio cepat dan rasio lancar
yang rata-rata nya adalah 139,70% dan 134,90% yang mana mengalami
peningkatan setiap tahunnya. Rasio solvabilitas rata-rata sebesar 292,10% di
katakan baik dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjang.
Pada rasio Rentabillitas mencapai 16,36% yaitu koperasi mampu memiliki
keuntungan yang diharapkan serta pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang
sesuai. Pada Retunrn On Asset (ROA) koperasi mengalami penurunan pada tahun
2013 ke tahun 2014 namun untuk rata-rata rasionya sebesar 10,74% masih di
katakan baik pada rasio ini. Sedangkan untuk perspektif pelanggan mengalami
kenaikan yaitu pada tahun 2013 sebesar 11,4% dan pada tahun 2014 sebesar 77%
yang artinya peningkatan jumah anggota yang sangat baik. Sedangan untuk
penilaian terhadap kepuasan anggota menunjukkan presentase yang sangat baik
yaitu jawaban dari tiap butir pertanyaan lebih dari 50 jawaban untuk tiap butir
pertanyaan kuisioner. Perspektif Proses Bisnis Internal Bagi pihak koperasi dalam
menjalankan tugasnya untuk peningkatan pengembangan usaha, serta pengawasan
koperasi telah dilaksanakan sebaik mungkin. Perspektif Pembelajaran dan
pertumbuhan adanya pelatihan yang rutin akan mampu menjadikan karyawan
mahir di bidangnya. Sementara tingkat kepuasan karyawan juga menunjukkan
hasil yang cukup baik. Dengan adanya Rapat Anggota Tahunan dapat dengan
mudah mengevaluasi hasil kinerja selama satu periode. Serta pembagian Sisa
hasil usaha juga memperhatikan untuk dana pendidikan dan sosial yang disalurkan
kepada masyarakat.
Kata kunci : Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 04:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 04:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |