Budi, Irawan Setiya (2016) ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI KARYAWAN PELITA HARAPAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dengan berbasis balanced scorecard pada Koperasi Karyawan Pelita Harapan. Balanced scorecard memiliki empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk perspektif keuangan di ambil dari laporan keuangan tahun 2013 dan tahun 2014. Penentuan sampel penelitan ini menggunakan convenience sampling pada Koperasi Karyawan Pelita Harapan. Untuk perspektif pelanggan sebanyak 100 responden sedangkan untuk karyawan koperasi sebanyak 10 responden yang merupakan seluruh karyawan Koperasi Pelita Harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di perspektif keuangan cukup baik dengan Rasio Likuiditas yang dihitung menggunakan rasio cepat dan rasio lancar yang rata-rata nya adalah 139,70% dan 134,90% yang mana mengalami peningkatan setiap tahunnya. Rasio solvabilitas rata-rata sebesar 292,10% di katakan baik dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dan jangka panjang. Pada rasio Rentabillitas mencapai 16,36% yaitu koperasi mampu memiliki keuntungan yang diharapkan serta pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang sesuai. Pada Retunrn On Asset (ROA) koperasi mengalami penurunan pada tahun 2013 ke tahun 2014 namun untuk rata-rata rasionya sebesar 10,74% masih di katakan baik pada rasio ini. Sedangkan untuk perspektif pelanggan mengalami kenaikan yaitu pada tahun 2013 sebesar 11,4% dan pada tahun 2014 sebesar 77% yang artinya peningkatan jumah anggota yang sangat baik. Sedangan untuk penilaian terhadap kepuasan anggota menunjukkan presentase yang sangat baik yaitu jawaban dari tiap butir pertanyaan lebih dari 50 jawaban untuk tiap butir pertanyaan kuisioner. Perspektif Proses Bisnis Internal Bagi pihak koperasi dalam menjalankan tugasnya untuk peningkatan pengembangan usaha, serta pengawasan koperasi telah dilaksanakan sebaik mungkin. Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan adanya pelatihan yang rutin akan mampu menjadikan karyawan mahir di bidangnya. Sementara tingkat kepuasan karyawan juga menunjukkan hasil yang cukup baik. Dengan adanya Rapat Anggota Tahunan dapat dengan mudah mengevaluasi hasil kinerja selama satu periode. Serta pembagian Sisa hasil usaha juga memperhatikan untuk dana pendidikan dan sosial yang disalurkan kepada masyarakat. Kata kunci : Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 04:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 04:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4105 |
Actions (login required)
View Item |