ANALISIS BRANDING PADA AKUN INSTAGRAM KLUB SEPAK BOLA PSS SLEMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PENGGEMAR

Wildan, Maulana Ibnu (2024) ANALISIS BRANDING PADA AKUN INSTAGRAM KLUB SEPAK BOLA PSS SLEMAN UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PENGGEMAR. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover (1).pdf] Text
Cover (1).pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of Skripsi_Maulana Ibnu Wildan_153200033.pdf] Text
Skripsi_Maulana Ibnu Wildan_153200033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Branding akun instagram klub sepakbola khususnya liga 1 di Indonesia
semakin kreatif dan memunculkan ciri khas klub itu tersendiri. Inovasi ini
mendorong klub untuk meningkatkan ikatan emosional antara klub dengan
penggemarnya. Maka dari itu, klub-klub khususnya di liga 1 mulai berkompetisi
untuk melakukan branding yang kreatif dan inovatif. Melalui strategi branding yang
dilakukan PSS Sleman, dengan tujuan utama untuk meningkatkan keterlibatan
penggemar di konten-konten PSS Sleman. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mengidentifikasi secara optimal branding pada akun Instagram
klub sepak bola PSS Sleman untuk meningkatkan keterlibatan penggemar.
Penelitian ini menggunakan Teori Perencanaan dari Charles Berger, konsep strategi
branding dari Gelder dan konsep Customer Brand Engagement. Metode penelitian
menggunakan kualitatif deskriptif dengan studi kasus melalui proses observasi dan
wawancara mendalam untuk mengumpulkan data. Dari hasil penelitian, ditemukan
bahwa strategi branding yang dilakukan oleh PSS Sleman untuk meningkatkan
keterlibatan penggemar dengan cara melibatkan penggemar dan menerima
masukan dari penggemar. Adanya keterlibatan penggemar terhadap konten PSS
Sleman kemudian memunculkan aktivitas eWOM atau electronic word of mount,
loyalty, dan kepuasan terhadap konten-konten PSS Sleman. Menyarankan agar tim
media fokus pada peningkatan kualitas konten, konsistensi posting, dan interaksi
aktif dengan penggemar melalui fitur interaktif. Forum evaluasi dengan penggemar
juga dapat memperkuat hubungan.

Kata Kunci: Strategy Branding, Instagram, Customer Brand Engagement, PSS Sleman, Penggemar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategy Branding, Instagram, Customer Brand Engagement, PSS Sleman, Penggemar
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:40
Last Modified: 05 Sep 2024 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41008

Actions (login required)

View Item View Item