KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN OVERBURDEN REMOVAL PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE ABP KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR

KOTO, MUHAMMAD NAUFAL ARIFIAN (2024) KAJIAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KEGIATAN OVERBURDEN REMOVAL PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOBSITE ABP KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, KALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Draft Skripsi Full.pdf] Text
Draft Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrack.pdf] Text
Abstrack.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Cover Skripsi.pdf] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf] Text
Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (162kB)

Abstract

PT Antareja Mahada Makmur (AMM) merupakan salah satu
perusahaan kontraktor PT Alamjaya Bara Pratama (ABP) yang bergerak di
bidang pertambangan batubara. Sistem penambangan yang diterapkan
adalah sistem tambang terbuka dengan metode strip mine. Aktivitas
penambangan meliputi pembongkaran, pemuatan, dan pengangkutan.
Penelitian ini dilakukan di Pit 4 PT Antareja Mahada Makmur Jobsite PT
Alamjaya Bara Pratama yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara,
Provinsi Kalimantan Timur.
Berdasarkan hasil penelitian, pada Bulan Januari 2023 – Maret
2023 masih banyak ditemukan potensi bahaya pada kegiatan overburden
removal khususnya pada geometri jalan tambang yang tidak sesuai standar
yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.
Untuk mencegah kemungkinan kecelakaan kerja, manajemen
risiko perlu diterapkan dalam kegiatan overburden removal dengan tujuan
mengurangi atau menghilangkan risiko kecelakaan. Hal ini melibatkan
identifikasi potensi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian risiko
menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assessment. Hasil
identifikasi bahaya menunjukkan adanya 11 potensi bahaya, termasuk 9
kondisi tidak aman dan 2 tindakan tidak aman. Setelah penilaian risiko,
ditemukan 1 risiko kritikal, 7 risiko tinggi, 3 risiko sedang, dan 0 risiko
rendah. Setelah tindakan pengendalian risiko dilakukan, tingkat risiko
menurun menjadi 0 risiko kritikal, 0 risiko tinggi, 4 risiko sedang, dan 7
risiko rendah.
Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan evaluasi geometri jalan
pada kegiatan overburden removal. Evaluasi ini mengungkapkan segmen
jalan tertentu yang membutuhkan perbaikan pada lebar jalan, cross slope,
dan tinggi tanggul pengaman (safety berm)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:15
Last Modified: 29 Aug 2024 02:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40863

Actions (login required)

View Item View Item