ANALISA POTENSI KESALAHAN DARI METODE KONVERSI KEDALAMAN KARENA KETERBATASAN DATA KECEPATAN PADA LAPANGAN “A”

PUTRI, AWINDYA RIYASATYA (2024) ANALISA POTENSI KESALAHAN DARI METODE KONVERSI KEDALAMAN KARENA KETERBATASAN DATA KECEPATAN PADA LAPANGAN “A”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi fulltext_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf] Text
Skripsi fulltext_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Abstrak_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf] Text
Abstrak_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Cover_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf] Text
Cover_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Lembar pengesahan_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf] Text
Lembar pengesahan_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Daftar isi_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf] Text
Daftar isi_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf] Text
Daftar Pustaka_115200031_Awindya Riyasatya Putri.pdf

Download (153kB)

Abstract

Lapangan “A” merupakan lapangan yang terletak pada daerah wilayah kerja
PHE ONWJ yang merupakan bagian dari sub cekungan Ardjuna, Cekungan Jawa
Barat Utara. Keberadaan build-up Parigi pada Formasi Parigi akan mempengaruhi
nilai kecepatan pada konversi kedalaman yang terjadi akibat dari penjalaran
gelombang seismik yang terlalu cepat, yang mengakibatkan nilai kecepatan
menjadi lebih tinggi dari yang sebenarnya. Penelitian ini dibatasi pada zona target
yaitu pada Formasi Parigi dan juga Formasi Main.
Konversi waktu menjadi kedalaman merupakan tahapan penting dalam
proses interpretasi. Analisa potensi kesalahan konversi kedalaman menggunakan
model kecepatan dilakukan untuk melihat keakuratan model kecepatan dalam
konversi kedalaman. Pemodelan kecepatan pada penelitian ini menggunakan fungsi
V0=Vint dan V0 + Kz. Analisa potensi kesalahan dihasilkan untuk melihat residu
kedalaman yang dihasilkan pada proses konversi dengan keterbatasan data
kecepatan pada daerah penelitian.
Hasil Analisa kesalahan menunjukkan data kecepatan yang dimiliki sangat
berpengaruh terhadap konversi kedalaman dengan pemodelan kecepatan yang
dilakukan. Keterbatasan data kecepatan menyebabkan ambiguitas dalam interpretasi
dikarenakan data kecepatan tidak mencakup variasi heterogenitas yang tinggi. Efek
pull-up velocity yang disebabkan oleh build-up Parigi terdapat pada peta struktur
waktu pada Base Parigi dan Top Parigi. Hasil konversi kedalaman menunjukkan
bahwa pemodelan kecepatan V0= Vint menghasilkan nilai residu kedalaman atau
error terhadap marker yang lebih kecil pada seluruh sumur yaitu dibawah 5 ft dan
untuk metode V0+Kz yaitu dibawah 10 ft.
Kata Kunci: Konversi kedalaman, pemodelan kecepetan, time structure map,
depth structure map, Build-up carbonate

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konversi kedalaman, pemodelan kecepetan, time structure map, depth structure map, Build-up carbonate
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:41
Last Modified: 28 Aug 2024 01:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40842

Actions (login required)

View Item View Item