STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM WARDHANA EGG ROLL DI DESA PERENG KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

ROSYIDA, ISNA ARFIANI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UMKM WARDHANA EGG ROLL DI DESA PERENG KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf] Text
Skripsi Fulltext_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf] Text
Abstrak_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of Cover_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf] Text
Cover_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Daftar Isi_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf] Text
Daftar Isi_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf] Text
Daftar Pustaka_135200103_Isna Arfiani Rosyida.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135200103_Isn Arfiani Rosyida.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135200103_Isn Arfiani Rosyida.pdf

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal
yang dimiliki oleh UMKM Wardhana Egg Roll, (2) Menganalisis alternatif strategi
pengembangan produk UMKM Wardhana Egg Roll, (3) Menganalisis strategi
prioritas yang tepat untuk UMKM Wardhana Egg Roll. Penelitian menggunakan
metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian studi kasus.
Pengumpulan data menggunakan FGD, wawancara, observasi, kuesioner, dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE, IE,
SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis faktor
lingkungan internal kekuatan utama yaitu produk sudah memiliki izin P-IRT dan
label halal; tidak menggunakan bahan pengawet. Kelemahan utama yaitu
keterbatasan modal usaha. Analisis faktor eksternal peluang utama yaitu konsumen
sudah banyak yang sadar akan kualitas produk. Ancaman utama yaitu banyaknya
pesaing usaha yang sejenis; harga bahan baku tidak stabil; pesaing yang semakin
inovatif dalam menghasilkan produk. (2) Alternatif strategi yang dihasilkan dari
matriks SWOT yaitu alternatif strategi SO meliputi menjaga kualitas produk dan
sertifikasi secara berkala, meningkatkan keahlian dan keterampilan sumber daya
manusia, dan perluasan pasar untuk meningkatkan penjualan. (3) Strategi prioritas
yang cocok diterapkan UMKM Wardhana Egg Roll adalah menjaga kualitas produk
dan sertifikasi secara berkala.
Kata kunci: Egg roll, IE, SWOT, QSPM, strategi pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Egg roll, IE, SWOT, QSPM, strategi pengembangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:11
Last Modified: 27 Aug 2024 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40826

Actions (login required)

View Item View Item