AL FAUDZI, MUHAMMAD IKROM (2024) KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT 2 BANKO BARAT, PT BUKIT ASAM TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Halaman Judul_112200012_Muhammad Ikrom Al Faudzi.pdf Download (116kB) |
|
Text
Abstrak_112200012_Muhammad Ikrom Al Faudzi.pdf Download (10kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan_112200012_Muhammad Ikrom Al Faudzi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi_112200012_Muhammad Ikrom Al Faudzi.pdf Download (149kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_112200012_Muhammad Ikrom Al Faudzi.pdf Download (131kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_112200012_Muhammad Ikrom Al Faudzi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PT. Bukit Asam Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang
pertambangan batubara, dengan lokasi penambangan di Tanjung Enim, Kabupaten
Muara Enim, Sumatera Selatan. Perusahaan ini menggunakan metode tambang
terbuka untuk operasi penambangannya. Proses pengupasan overburden di pit 2
Banko Barat, memanfaatkan alat gali-muat Shovel Komatsu PC 3000E-1 Elektrik
dan alat angkut Caterpillar 777.
Penelitian ini dilakukan untuk menghitung produktivitas dan konsumsi
bahan bakar alat angkut CAT 777 di pit 2 Banko Barat pada fleet 3001.
Permasalahan utama yang dihadapi adalah tidak tercapainya target produksi
overburden di fleet 3001 pada bulan Maret 2024, yang memerlukan analisis lebih
lanjut geometri jalan yang menghambat pencapaian target produksi. Setelah
melakukan pengamatan dan observasi di lapangan, ditemukan bahwa salah satu
faktor utama penghambat produksi adalah terdapat jalan yang menyempit dan juga
memiliki grade yang tidak sesuai dengan standar perusahaan. Selain itu,
penggunaan alat mekanis dalam operasi penambangan berkorelasi dengan
konsumsi bahan bakar, sehingga diperlukan analisis terhadap rasio bahan bakar
optimal untuk alat angkut guna menekan konsumsi bahan bakar dalam pengupasan
overburden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar rata-rata alat
angkut CAT 777 adalah sebesar 59,03 liter/jam. Optimalisasi konsumsi bahan bakar
berfokus pada alat angkut dalam hal konsumsi bahan bakar untuk pengangkutan
overburden. Melalui simulasi rimpull, diperoleh penurunan waktu edar alat angkut
yang menghasilkan rasio bahan bakar optimal dalam produksi overburden. Hasil
optimalisasi konsumsi energi pada alat angkut menunjukkan penurunan konsumsi
bahan bakar menjadi 58,33 liter/jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40700 |
Actions (login required)
View Item |