RAHMATULAH, RAJA RHEZKI (2024) ANALISIS FLEET MANAGEMENT SYSTEM UNTUK OPTIMALISASI KONSUMSI ENERGI PADA KEGIATAN PENGUPASAN OVERBURDEN DI PIT 3 BANKO TENGAH PT BUKIT ASAM Tbk, SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover_112200013_Raja Rhezki Rahmatulah.pdf Download (71kB) |
|
Text
3. Abstrak_112200013_Raja Rhezki Rahmatulah.pdf Download (15kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_112200013_Raja Rhezki Rahmatulah.pdf Download (5MB) |
|
Text
5. Daftar Isi_112200013_Raja Rhezki Rahmatulah.pdf Download (60kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_112200013_Raja Rhezki Rahmatulah.pdf Download (88kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_11220013_Raja Rhezki Rahmatulah.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
PT. Bukit Asam Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang
pertambangan batubara. Lokasi penambangan batu bara berada di Tanjung Enim,
Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Metode penambangan yang digunakan
oleh PT. Bukit Asam Tbk adalah tambang terbuka. Pelaksanaan pengupasan
overburden di pit 3 Banko Tengah Satuan Kerja Penambangan Swakelola
menggunakan alat gali-muat Shovel Komatsu PC 3000E-6 Elektrik dan alat angkut
Rigid Truck Belaz 75135. Sebagai komitmen mendukung program Tujuan
Pembangunan Keberlanjutan (SDGs), PT Bukit Asam (PTBA) menjalankan
berbagai program elektrifikasi dan inisiatif lainnya sebagai bagian dari
komitmennya terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca dan optimalisasi
penggunaan energi dalam operasi penambangannya. Melalui penelitian ini,
dilakukan perhitungan konsumsi energi dan produksi emisi gas rumah kaca (GRK)
di pit 3 Banko Tengah pada fleet 3004, 3005, dan 3006 serta dilakukan
pengoptimalan dengan cara penekanan konsumsi bahan bakar dalam memproduksi
overburden.
Permasalahan yang dihadapi adalah tidak tercapainya target produksi
overburden di fleet 3004, 3005 dan 3006 pada bulan Januari 2024 sehingga
diperlukan analisis terhadap faktor yang menghambat ketercapaian target produksi.
Setelah dilakukannya pengamatan dan observasi di lapangan, salah satu faktor
utama yang menghambat ketidaktercapaian produksi adalah sedikitnya waktu kerja
efektif yang disebabkan oleh hambatan-hambatan kerja serta kesesuaian geometri
jalan dan front penambangan. Disamping itu, penggunaan alat mekanis di
pertambangan juga berhubungan dengan penggunaan bahan bakar, sehingga
dilakukan analisis terhadap fuel ratio optimal dari alat angkut untuk menekanan
konsumsi bahan bakar dalam memproduksi overburden.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh konsumsi energi rata-rata alat angkut
RT Belaz 75135 sebesar 20,290 MJ/BCM dengan produksi emisi gas rumah kaca
sebesar 1,525 KgCO2/BCM. Alat gali muat yang digunakan merupakan electric
shovel sehingga konsumsi energi dan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan lebih
kecil, penggunaan alat ini merupakan salah satu impelementasi program
elektrifikasi peralatan. Konsumsi energi rata-rata alat gali muat electric shovel
sebesar 1,485 MJ/BCM dan produksi emisi gas rumah kaca sebesar 0,355
MJ/BCM. Optimalisasi konsumsi energi berfokus pada alat angkut dalam
konsumsi bahan bakar dalam pengangkutan overburden. Melalui simulasi rimpull
diperoleh penekanan waktu edar alat angkut yang menghasilkan fuel ratio optimal
dalam produksi overburden. Hasil dari optimalisasi konsumsi energi pada alat
angkut yaitu terjadi penurunan konsumsi energi menjadi 16,679 MJ/BCM dengan
penurunan produksi gas rumah kaca menjadi 1,254 MJ/BCM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:38 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40128 |
Actions (login required)
View Item |