Saputri, Satriyani Nur (2024) Strategi Konten dan Personal Branding Penyiar Radio Swaragama FM di Media Sosial Tiktok. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
SKRIPSI LENGKAP_Satriyani Nur Saputri_153200013.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (143kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (485kB) |
Abstract
Dalam persaingan digital saat ini, banyak radio yang memanfaatkan
platform digital dan media sosial untuk tetap eksis. Salah satunya adalah radio
Swaragama FM. Sebagai ujung tombak dari sebuah radio, para penyiar Swaragama
FM mulai aktif bermedia sosial untuk berinteraksi dengan pendengar. Penelitian ini
menganalisis tentang strategi personal branding penyiar radio Swaragama FM di
media sosial Tiktok dan tren peningkatan jumlah pendengar di radio Swaragama
FM. Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi personal branding penyiar di
Tiktok, respon para pendengar, dan dampak dari kegiatan tersebut. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan bersama tiga orang penyiar Swaragama FM yaitu Kani Raras, Nicky
Shaquilla, dan Pandu Dunia. Penulis juga melakukan wawancara bersama lima
pendengar sekaligus pengikut akun media sosial Tiktok para penyiar Swaragama
FM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga penyiar Swaragama FM memiliki
spesialisasi yang berbeda-beda sehingga menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri
bagi para pendengar maupun pengguna media sosial Tiktok. Kani Raras dengan
keahliannya memberi motivasi sindiran, Nicky Shaquilla sebagai penyiar pilek
yang ahli tentang teknis siaran, dan Pandu Dunia spesialis hubungan percintaan.
Hal ini kemudian membawa dampak positif terhadap Radio Swaragama FM yaitu,
datangnya pendengar – pendengar baru yang berawal dari pengikut media sosial
para penyiar Swaragama FM dan semakin meningkatnya exposure perusahaan
Swaragama FM di mata publik.
Kata kunci : personal branding, penyiar radio, media sosial tiktok
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 02:52 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 02:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40078 |
Actions (login required)
View Item |