Rajagukguk, Johannes Parulian (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE ORIGINOTE (Survei Pada Pelanggan Produk The Originote di Yogyakarta). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2. Cover153200080_Johannes Parulian Rajagukguk.pdf Download (166kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200080_Johannes Parulian Rajagukguk.pdf Download (58kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan_153200080_Johannes Parulian Rajagukguk.pdf Download (332kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200080_Johannes Parulian Rajagukguk.pdf Download (103kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka153200080_Johannes Parulian Rajagukguk.pdf Download (210kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_153200080_Johannes Parulian Rajagukguk.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Saat ini terjadi perubahan dalam kebiasaan bermasyarakat disebabkan
perkembangan internet yang mendorong munculnya berbagai media sosial seperti
Tiktok. Tiktok adalah sebuah platfrom media sosial yang memberikan video singkat
dan dikemas dengan berbagai tema sehingga memiliki daya tarik bagi para
penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah intuk mengetahui pengaruh social
media influencer dan e-WOM di Tiktok terhadap keputusan pembelian produk The
Originote. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kredibilitas
Sumber (source credibility theory). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan sampel sebanyak 100 responden
dengan kriteria responden pelanggan produk The Originote yang pernah melihat
konten terkait produk The Originote di Tiktok serta berdomisili di Yogyakarta.
Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 27 for mac.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media influencer memiliki pengaruh
dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 yang artinya H1 diterima. Electronic word of
mouth juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai
signifikasni 0,23<0,05 yang artinya H2 diterima. Social media influencer dan
electronic word of mouth secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 yang artinya H3
diterima. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,806
yang dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang sangat kuat
dan bernilai positif antara variabel social media influencer dan electronic word of
mouth di Tiktok terhadap keputusan pembelian produk The Originote.
Kata Kunci : Teori Kredibilitas Sumber, Social Media Influencer, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Tiktok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Kredibilitas Sumber, Social Media Influencer, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Tiktok. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 01:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 01:54 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40050 |
Actions (login required)
View Item |