PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA INTENTION TO VISIT (Studi Pada Wisatawan yang Belum Pernah Berkunjung ke Pinus Sari Mangunan)

ZULFA, CINDY ALIFFIA (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA INTENTION TO VISIT (Studi Pada Wisatawan yang Belum Pernah Berkunjung ke Pinus Sari Mangunan). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf] Text
Skripsi Fulltext_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Cover_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf] Text
Cover_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf] Text
Abstrak_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152180061_Cindy Aliffia Zulfa.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Cindy Alffia Zulfa_152180061.pdf] Text
Daftar Isi_Cindy Alffia Zulfa_152180061.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Cindy Alffia Zulfa_152180061.pdf] Text
Daftar Pustaka_Cindy Alffia Zulfa_152180061.pdf

Download (188kB)

Abstract

Cindy Aliffia Zulfa, Nomor Induk Mahasiswa 152180061, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Social
Media Marketing Terhadap Electronic Word Of Mouth Dan Brand Awareness Serta
Dampaknya Pada Intention To Visit (Studi Pada Wisatawan Yang Belum Pernah
Berkunjung ke Pinus Sari Mangunan)”. Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan
pembimbing II Ida Susi Dewanti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Social Media
Marketing Terhadap Electronic Word of Mouth dan Brand Awareness Serta
Dampaknya Pada Intention to Visit (Studi Pada Wisatawan Yang Belum Pernah
Berkunjung ke Pinus Sari Mangunan). Populasi dalam penelitian ini wisatawan
yang belum pernah berkunjung ke Pinus Sari Mangunan yang jumlahnya tidak
diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah
wisatawan yang belum pernah berkunjung ke destinasi wisata Pinus Sari Mnagunan
dan memiliki akun social media. Ukuran sampel dengan 120 responden didapatkan
dari perhitungan rumus Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan
adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dengan data tabel dan presentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Social Media Marketing
berpengaruh signifikan terhadap Electronic Word of Mouth, Social Media
Marketing berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness, Electronic Word of
Mouth berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness, Electronic Word of
Mouth berpengaruh signifikan terhadap Intention to Visit, Brand awareness
berpengaruh signifikan terhadap Intention to Visit, Social Media Marketing
berpengaruh signifikan terhadap Intention to Visit, Social Media Marketing
berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness melalui Electronic word of
Mouth, Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Intention to Visit
melalui Brand Awareness, Social Media Marketing berpengaruh signifikan
terhadap Intention to Visit melalui Electronic Word of Mouth, Social Media
Marketing berpengaruh signifikan terhadap Intention to Visit melalui Brand
Awareness.
Berdasarkan hasil penelitian, Pinus Sari Mangunan harus mampu
mempertahankan dan meningkatkan konten-konten yang akan dibagikan dan ulasan
yang telah diberikan wisatawan berpengalaman agar dapat meningkatkan penilaian
yang positif wisatawan terhadap destinasi wisata dan juga lebih mengeksplor,
merawat, dan mengelola lebih fasilitas, atraksi, dan potensi yang dimiliki sehingga
memunculkan dan meningkatkan kesadaran dalam benak wisatawan terhadap
destinasi wisata sehingga wisatawan memiliki niat untuk berkunjung ke Pinus Sari
Mangunan di masa depan.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Brand
Awareness, Intention to Visi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Brand Awareness, Intention to Visit
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:34
Last Modified: 25 Jun 2024 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39908

Actions (login required)

View Item View Item