Evaluasi Investasi TI Pada Sistem e-Learning di SMAN 1 Geger, Madiun Dengan Metode Information Economics

Risangaji, Akbara Jati Gayuh (2024) Evaluasi Investasi TI Pada Sistem e-Learning di SMAN 1 Geger, Madiun Dengan Metode Information Economics. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan .pdf] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (394kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skirpsi 124190047.pdf] Text
Skirpsi 124190047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keen (1995) memandang investasi TI sebagai istilah yang berlaku untuk berinvestasi
pada peralatan, aplikasi, layanan, dan teknologi dasar. E-Learning mencakup semua
aplikasi solusi teknologi untuk masalah menemukan kecocokan terbaik antara kebutuhan
peserta didik dengan tuntutan pembelajaran individu mereka untuk mempelajari konten
tertentu, menggunakan seperangkat alat pembelajaran tertentu (Nycz, M., & Cohen, E.,
2007). SMAN 1 Geger, Madiun telah menerapkan e-learning pada pembelajaran yang
mereka gunakan untuk kegiatan belajar mengajar sejak tahun 2011. Selama berjalanya
sistem ini ditemukan bahwa belum pernah dilakukan pemeriksaan terhadap sistem ini
terkait dengan tujuan dan manfaat yang ingin dicapai oleh sekolah setelah adanya sistem
ini. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sistem e-learning yang dimiliki oleh sekolah
sehingga dapat mengetahui kelayakan sistem e-learning yang digunakan disana.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian information economic yang
dikembangkan oleh Parker 1988. Dalam metode information economics menilai dua
klasifikasi, yaitu manfaat finansial dan non-finansial. Manfaat-manfaat tersebut dapat
dikategorikan kembali menjadi tangible, quasi tangible, dan intangible. Data didapatkan
dengan melakukan wawancara kepada beberapa narasumber yang berkaitan langsung
dengan sistem e-learning dan menyebarkan kuesioner yang berisikan 10 pertanyaan.
Pertanyaan tersebut dibuat oleh Parker untuk menjadi syarat menggunakan metode
information economic. Pertanyaan tersebut dibagi menjadi dua domain yaitu domain
bisnis dan domain teknologi. Hasil yang didapatkan berupa sebuah skor yang
menunjukan nilai manfaat dan nilai risiko. Skor yang didapatkan oleh SMAN 1 Geger,
Madiun setelah dihitung mendapatkan manfaat sebanyak 86 dan risiko sebanyak -13,
yang dimana sistem ini dapat disimpulkan mendapatkan manfaat yang positif.
Kata kunci: Manajemen Investasi TI, Information Economic, e-learning, SMAN 1 Geger

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Investasi TI, Information Economic, e-learning, SMAN 1 Geger
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:19
Last Modified: 19 Jun 2024 02:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39773

Actions (login required)

View Item View Item