PERANCANGAN KEMBALI USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA WEBSITE REY.ID MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

HARAHAP, RIZKI MAHFUDDIN (2024) PERANCANGAN KEMBALI USER INTERFACE & USER EXPERIENCE PADA WEBSITE REY.ID MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[thumbnail of 2. Cover_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf] Text
2. Cover_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 3. Abstrak_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf] Text
3. Abstrak_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf] Text
5. Daftar Isi_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_124180037_Rizki Mahfuddin Harahap.pdf

Download (136kB)

Abstract

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai bagi manusia, namun tantangan dan biaya
yang terkait dengan perawatan kesehatan dapat menjadi beban yang signifikan bagi
individu dan keluarga. Dalam usaha untuk mengatasi risiko finansial yang terkait dengan
perawatan medis, asuransi kesehatan telah menjadi alat yang penting dan semakin relevan.
PT Vertika Technologies Nusantara atau yang sering disebut Rey adalah perusahaan yang
bergerak pada bidang teknologi kesehatan yang menyediakan produk penunjang kesehatan
berupa asuransi kesehatan. Rey menyediakan website bernama rey.id yang dapat diakses
oleh pengguna untuk melakukan pembelian produk asuransi yang mereka tawarkan secara
daring. Pada saat menjalankan bisnis nya Rey mengalami penurunan nilai konversi
pengguna yang signifikan pada proses pembelian produk mereka. Dengan adanya
penurunan konversi pelanggan Rey melakukan uji usability yang menghasilkan success
rate sebesar 75,93%. Dari akhir pengujian tersebut dilakukan pengambilan feedback dari
responden dan menghasilkan 46,67% feedback positif serta 71,11% feedback negatif, yang
mana hal tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan responden memiliki masalah pada
website rey.id.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang user interface dan user experience
pada website rey.id menggunakan metode Design Thinking. Dengan perancangan user
interface dan user experience yang sesuai dengan kebutuhan pengguna maka produk
memiliki kesempatan lebih besar untuk digunakan oleh pengguna yang membutuhkan,
sehingga user interface dan user experience yang buruk akan berdampak kehilangan
pengguna. Design Thinking dipilih sebagai pendekatan utama karena memberikan fokus
yang kuat pada pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan pengalaman pengguna dan
iterasi design yang didasarkan pada umpan balik oleh pengguna. Pendekatan tersebut
mencakup beberapa tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test untuk
mengembangkan solusi yang inovatif berdasarkan kebutuhan pengguna. Perancangan
ulang tersebut menghasilkan peningkatan nilai usability pada success rate menjadi 96,63%
dan juga menghasilkan feedback positif sebesar 89% serta feedback negatif yang turun
menjadi 28,29%.
Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa
metode Design Thinking mampu menghasilkan rekomendasi prototype dapat meningkatkan
kenyamanan berdasarkan keinginan pengguna. Hal tersebut diperkuat dengan pengujian
menggunakan metode Think Aloud yang menunjukkan peningkatan nilai usability pada
success rate dan feedback pengguna.
Kata Kunci: user interface, user experience, design thinking, asuransi kesehatan
vi
ABSTRACT
Health is an invaluable treasure for humans, but the challenges and costs
associated with health care can be a significant burden for individuals and families. In an
effort to address the financial risks associated with medical care, health insurance has
become an important and increasingly relevant tool. PT Vertika Technologies Nusantara or
what is often called Rey is a company operating in the health technology sector that
provides health support products in the form of health insurance. Rey provides a website
called rey.id which can be accessed by users to purchase the insurance products they offer
online. While running his business, Rey experienced a significant decrease in user
conversion value in the process of purchasing their products. With the decline in customer
conversion, Rey conducted a usability test which resulted in a success rate of 75,93%. At
the end of the test, feedback was taken from respondents and resulted in 46,67% positive
feedback and 71,11% negative feedback, which shows that most respondents had problems
with the rey.id website.
This research aims to redesign the user interface and user experience on the rey.id
website using the Design Thinking method. By designing a user interface and user
experience that suits user needs, the product has a greater chance of being used by users
who need it, so that a bad user interface and user experience will result in losing users.
Design Thinking was chosen as the main approach because it provides a strong focus on
deep understanding of user needs and experiences and design iteration based on user
feedback. This approach includes several stages, namely Empathize, Define, Ideate,
Prototype, and Test to develop innovative solutions based on user needs. This redesign
resulted in an increase in the usability value in the success rate to 96.63% and also
resulted in positive feedback of 89% and negative feedback which decreased to 28.29%.
Based on the research that has been carried out, it can be concluded that the
Design Thinking method is able to produce prototype recommendations that can increase
comfort based on user desires. This is reinforced by testing using the Think Aloud method
which shows an increase in usability values in the success rate and user feedback.
Keywords: user interface, user experience, design thinking, health insurance
vii

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: user interface, user experience, design thinking, health insurance vii
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:05
Last Modified: 14 Jun 2024 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39760

Actions (login required)

View Item View Item