KAJIAN TEKNIS METODE DAN ESTIMASI BIAYA DECOMMISSIONING PLATFORM DALAM KEGIATAN ABANDONMENT AND SITE RESTORATION DI NORTH SUMATRA OFFSHORE

LARASATI, KARINA (2024) KAJIAN TEKNIS METODE DAN ESTIMASI BIAYA DECOMMISSIONING PLATFORM DALAM KEGIATAN ABANDONMENT AND SITE RESTORATION DI NORTH SUMATRA OFFSHORE. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Tesis Karina Larasati 213221002.pdf] Text
1. Tesis Karina Larasati 213221002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 3. Cover.pdf] Text
3. Cover.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB)

Abstract

Wilayah North Sumatra Offshore (NSO) terletak di Selat Malaka, Lhoksumawe, Aceh dengan luas wilayah kerja 3.633 kilometer persegi memiliki 1 (satu) anjungan lepas pantai atau platform yang akan mencapai akhir kontrak pada tahun 2038. Sebagaimana diatur dalam Pedoman Tata Kerja (PTK) Revisi-1 nomor 040/PTK/SKKMA0000/2018/S0 yang diterbitkan oleh Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS), Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) diwajibkan untuk melaksanakan Abandonment and Site Restoration (ASR), sehingga diperlukan untuk melakukan analisa pekerjaan dan perhitungan estimasi biaya.
Analisa pekerjaan decommissioning dan perhitungan estimasi biaya dilakukan dengan inventarisasi data asset platform yang akan dibongkar dan menentukan waktu pelaksanaan pekerjaan pembongkaran. Beberapa opsi metode pembongkaran yang dapat dilakukan di wilayah kerja NSO adalah Total Removal For Onshore Disposal yaitu platform dibongkar secara menyeluruh dan ditransportasikan ke tempat penyimpanan, atau Rig-to-Reef Partial Removal dan Rig-to-Reef Topple in Place dimana bagian jacket platform dimanfaatkan kembali untuk terumbu karang buatan (artificial reefs). Hasil analisa perhitungan estimasi biaya akan menjadi pertimbangan dalam pemilihan metode decommissioning di wilayah kerja NSO.
Hasil perhitungan biaya total ASR dengan ketiga metode pembongkaran, dari segi biaya metode decommissioning platform di NSO-A offshore yang dinilai efektif dan ekonomis adalah metode Rig-to-reef Topple in Place, dimana bagian jacket platform tidak dibongkar secara keseluruhan, hanya diposisikan secara horizontal di lokasi platform berada. Perhitungan estimasi biaya dilakukan pada tahun 2024 menghasilkan biaya sebesar US$ 8,801,404.59. Apabila perhitungan biaya dieskalasikan ke tahun berakhirnya kontrak dan tahun pelaksanaan ASR yaitu pada tahun 2038 dengan tingkat inflasi 2,5% per tahun, estimasi biaya menjadi US$ 12,436,154.28.
Kata Kunci : abandonment and site restoration (ASR), estimasi biaya, platform, total removal, rig-to-reef,

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: abandonment and site restoration (ASR), estimasi biaya, platform, total removal, rig-to-reef,
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 May 2024 07:40
Last Modified: 08 May 2024 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item