PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

SANTOSO, JOKO (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of 2. ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER JUDUL.pdf]
Preview
Text
3. COVER JUDUL.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 4. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (994kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Menurunnya citra rumah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari
Kabupaten Gunung Kidul, hal ini terindikasi dari tingginya komplain dari pasien yang
menggunakan jasa pelayanan RSUD tersebut. Sebagian besar pasien mengeluhkan
pelayanan yang kurang baik, sikap perawat yang sama sekali tidak ramah, dan salah nama
dalam pemberian obat. Hal tersebut menuntut adanya peningkatan dalam kualitas jasa
yang diberikan kepada pasien dan untuk selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan
persepsi positif dari masyarakat akan pelayanan yang diberikan RSUD Wonosari. Salah
satu upaya yang dilakukan oleh pengelola rumah sakit pada umumnya adalah memberikan
pelayanan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk
menganalisis pengaruh bukti fisik (Tangibles), jaminan (Assurance), reliabilitas
(Reliability), empati (Empathy), dan daya tanggap (Responsiveness) terhadap citra merek
(brand image) pada Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul; (2)
Untuk menganalisis pengaruh secara dominan empati (Empathy) terhadap citra merek
(brand image) pada Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Reliabilitas (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles)
berpengaruh secara bersama-sama terhadap citra merek (brand image) pada Rumah Sakit
Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunung Kidul; (2) Reliabilitas (reliability) dan daya
tanggap (responsiveness) tidak berpengaruh terhadap citra merek (brand image) pada
Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunung Kidul; (3) Jaminan (assurance)
dan empati(empathy) berpengaruh terhadap citra merek (brand image) pada Rumah Sakit
Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunung Kidul.
Kata Kunci: Tangibles, Assurance, Reliability, Empathy, Responsiveness, Brand
image, dan RSUD Wonosari Kabupaten Gunung Kidul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 17 Jun 2016 06:11
Last Modified: 17 Jun 2016 06:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item