STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA UMKM KERIPIK BELUT SUSANTI DI KLANGKAPAN II MARGOLUWIH SEYEGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DEWINA, TAMARA ALYA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA UMKM KERIPIK BELUT SUSANTI DI KLANGKAPAN II MARGOLUWIH SEYEGAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf] Text
ABSTRAK_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of COVER_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf] Text
COVER_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf] Text
DAFTAR ISI_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf] Text
SKRIPSI FULL_135200112_Tamara Alya Dewina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMKM Keripik Belut Susanti merupakan sebuah usaha yang memproduksi dan
memasarkan keripik belut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi
faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan produk pada
UMKM Keripik Belut Susanti (2) Menganalisis alternatif strategi untuk
mengembangkan UMKM Keripik Belut Susanti berdasarkan metode analisis IE
dan SWOT (3) Menganalisis strategi terbaik untuk mengembangkan UMKM
Keripik Belut Susanti berdasarkan metode analisis QSPM. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, Focus Group
Discussion (FGD), kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor internal menunjukkan kekuatan
utamanya adalah UMKM Keripik Belut Susanti memiliki produk dengan bahan
baku yang berkualitas. Kelemahan utamanya adalah peralatan produksi yang masih
sederhana. Faktor eksternal menunjukkan peluang utamanya adalah UMKM
Keripik Belut Susanti telah melakukan kerjasama dengan pemasok bahan baku di
berbagai wilayah baik di Yogyakarta maupun luar kota. Ancaman utamanya adalah
persaingan ketat dengan produk keripik belut lainnya. (2) Tahap pencocokan
matriks IE diperoleh hasil analisis berada pada sel I. Tahap pencocokan matriks
SWOT diperoleh hasil analisis berada di kuadran I dan nilai tertinggi merupakan
strategi SO. (3) Tahap pengambilan keputusan dari matriks QSPM diperoleh
strategi terbaik untuk mengembangkan UMKM Keripik Belut Susanti yaitu strategi
meningkatkan kualitas produk.
Kata kunci : keripik belut, pengembangan, strategi, usaha mikro kecil dan
menengah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keripik belut, pengembangan, strategi, usaha mikro kecil dan menengah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:18
Last Modified: 03 Apr 2024 06:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39244

Actions (login required)

View Item View Item