FULL SPECTRUM GRAVITASI (KOMBINASI DATA FULL TENSOR GRADIOMETRI GRAVITASI DENGAN AEROGRAVITASI) DALAM MENDELENIASI STRUKTUR PENGONTROL PETROLEUM SYSTEM CEKUNGAN AKIMEUGAH PADA LAPANGAN ‘B’ DAERAH PAPUA

BUKIT, BOY UTAMA (2024) FULL SPECTRUM GRAVITASI (KOMBINASI DATA FULL TENSOR GRADIOMETRI GRAVITASI DENGAN AEROGRAVITASI) DALAM MENDELENIASI STRUKTUR PENGONTROL PETROLEUM SYSTEM CEKUNGAN AKIMEUGAH PADA LAPANGAN ‘B’ DAERAH PAPUA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi.pdf] Text
1. Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 3. Cover.pdf] Text
3. Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf] Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

Cekungan Akimeugah merupakan salah satu cekungan dengan cadangan
hidrokarbon yang besar. Namun produksi minyak dan gas bumi di daerah ini belum
begitu maksimal dikarenakan keterbatasan informasi geologi bawah permukaan.
Penelitian ini memanfaatkan data primer berupa aerogravitasi dan data full tensor
gradiometri gravitasi (FTG) untuk memperoleh informasi geologi bawah
permukaan dengan mengacu pada data gravitasi yang dipengaruhi oleh parameter
densitas pada batuan serta jarak yang mempengaruhi nilai percepatan gravitasi.
Survei dilakukan seluas 300.000 x 700.000 meter dengan traverse line spacing
sejauh 2 km dan tie line spacing sejauh 30 km. Total line yang diakuisisi mencapai
34.584 Km pada ketinggian 102 – 1085 mdpl.
Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan komparasi antara data
aerogravitasi yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap anomali dalam dengan data
FTG yang sensitif terhadap anomali dangkal. Komparasi ini menghasilkan data full
spectrum gravitasi (Tze) yang memiliki sensitivitas yang baik terhadap sumber
anomali yang dangkal dan dalam. Data Tze kemudian diproses menggunakan filter
highpass dengan cut wavelength sebesar 60 Km untuk memisahkan anomali
regional dengan anomali dangkal yang akan dimodelkan. Kedalaman anomali
regional dianalisa menggunakan spectral analisis sehingga diketahui estimasi
kedalamannya yaitu 32,879 Km dan estimasi kedalaman anomali dangkal sebesar
7,217 Km. Anomali lokal kemudian disayat dan dilakukan forward modelling untuk
mengetahui kondisi bawah permukaan yang dibantu oleh data sekunder berupa
penampang seismik 2D dan sumur berupa data marker dan densitas.
Data anomali regional penelitian dengan rentang nilai -29,74 mGal dibagian
utara dan 54,43 mGal dibagian Selatan memberikan informasi geologi berupa
kedalaman lempeng indoaustralia yang tersubduksi dibawah lempeng pasifik
dibagian utara sehingga mengakibatkan kedalaman lempeng yang semakin dalam
kea rah utara penelitian. Sementara itu data anomali lokal dengan rentang nilai -
5,53 mGal dibagian utara diinterpretasikan sebagai zona thrust fault akibat gaya
tektonik berupa konvergen. Selain itu, anomali tinggi pada bagian Selatan
thrustfault diinterpretasikan sebagai efek dari batuan yang terlipat lemah pada
cekungan Akimeugah yang disebut sebagai inversion play namun masih terdapat
pengaruh dari batuan dibawah cekungan Akimeugah yang memiliki variasi densitas
yang berbeda. Dari pemodelan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa cekungan
Akimeugah terakhir kali dikontrol oleh gaya tektonik berupa kompresi yang
mengakibatkan batuan terlipat kuat dibagian utara, dan terlipat lemah dibagian
selatan serta kondisi batuan dasar cekungan Akimeugah yang memiliki densitas
yang lebih besar dibagian utara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, potensi
hidrokarbon di cekungan Akimeugah berada di bagian utara penelitian dengan
sistem jebakan berupa thrust fault dan inversion play.
Kata Kunci: Aerogravitasi, Cekungan, Forward Modelling, FTG, Full Spectrum Gravitasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aerogravitasi, Cekungan, Forward Modelling, FTG, Full Spectrum Gravitasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:11
Last Modified: 26 Mar 2024 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39170

Actions (login required)

View Item View Item