ASKARI, TIAS INDRIANI (2024) DAYA SAING KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRACT_TIAS INDRIANI ASKARI_135170021.pdf Download (7kB) |
|
Text
ABSTRACT_TIAS INDRIANI ASKARI_135170021.pdf Download (7kB) |
|
Text
COVER_TIAS INDRIANI ASKARI_135170021.pdf Download (110kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_TIAS INDRIANI ASKARI_135170021 (1).pdf Download (143kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_TIAS INDRIANI ASKARI_135170021.pdf Download (294kB) |
|
Text
SKRIPSI_TIAS INDRIANI ASKARI_135170021..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Daftar isi - TIAS INDRIANI ASKARI_135170021.-10-14.pdf Download (259kB) |
Abstract
Salah satu aspek terpenting dalam perekonomian adalah perdagangan
internasional. Sektor yang berperan penting pada perekonomian di Indonesia
yaitu sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis posisi
spesialisasi perdagangan kopi Indonesia dipasar Internasional (2) Menganalisis
keunggulan komparatif kopi Indonesia terhadap negara tujuan utama ekspor (3)
Menganalisis keunggulan kompetitif kopi Indonesia terhadap negara tujuan
utama ekspor. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode analisis
yang digunakan dalam mengetahui posisi spesialisasi perdagangan kopi
Indonesia menggunakan alat analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP).
Metode Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis dan
mengetahui kekuatan daya saing komoditi kopi secara komparatif. Export
Product Dynamics (EPD) untuk analisis situasi internal dan eksternal untuk
melihat keunggulan daya saing komoditi kopisecara kompetitif. Hasil penelitian
ini adalah Posisi spesialisasi perdagangan kopi Indonesia di negara tujuan utama
yaitu sebagai negara eksportir kopi. Komoditas kopi Indonesia memiliki
keunggulan komparatif di lima negara tujuan utama ekspor kopi Indonesia yaitu
Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, Italia dan Jepang dengan nilai rata-rata
lebih dari satu, artinya komoditas kopi Indonesia memiliki keunggulan
komparatif kuat. Komoditas kopi memiliki keunggulan kompetitif di lima
negara tujuan utama, dengan posisi pangsa pasar Rising Start yaitu Amerika
Serikat, Malaysia, Italia dan Jepang, serta memiliki keunggulan kompetitif kuat.
Sedangkan negara Jerman memiliki posisi pangsa pasar Lost Opportunity serta
tidak memiliki keunggulan kompetitif.
Kata kunci: Ekspor, Indonesia, Daya Saing, Kopi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekspor, Indonesia, Daya Saing, Kopi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 06:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 06:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38996 |
Actions (login required)
View Item |