MODEL MANAJEMEN MEDIA PODCAST (Studi Kasus Manajemen Media Podcast di Omah Podcast, Yogyakarta, Tahun 2023)

WIDHIKIRANA, DYAH PARAMITA (2024) MODEL MANAJEMEN MEDIA PODCAST (Studi Kasus Manajemen Media Podcast di Omah Podcast, Yogyakarta, Tahun 2023). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of TESIS FULL.pdf] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN LULUS.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN LULUS.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN SIDANG.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN SIDANG.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Daftar pustaka tesis fik.pdf] Text
Daftar pustaka tesis fik.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti manajemen media podcast, bertujuan untuk menemukan
model komunikasi yang bisa menjadi standar referensi pembuatan podcast secara
umum, dan standar produksi secara khusus di Omah Podcast Yogyakarta. Teori
yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen secara umum, teori
media baru, dan teori manajemen media secara khusus. Peneliti juga menggunakan
teori – teori yang baru saja berkembang, yang secara spesifik membahas mengenai
konsep podcast, jenis – jenis podcast, dan teknik pembuatan podcast. Metode
penelitian yang dipilih adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Selanjutnya untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data adalah
dengan melakukan observasi terhadap Omah Podcast, pengolahan data, arsip, dan
dokumentasi produksi podcast, serta wawancara kepada informan kunci di Omah
Podcast yang terdiri dari karyawan, talenta, dan klien. Setelah data diuji
keabsahannya dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi sumber data, peneliti
menganalisis data. Pada bagian akhir penelitian adalah menemukan hasil penelitian
yaitu, berupa penemuan model komunikasi dalam manajemen media podcastyang
bisa menjadi prosedur standar dalam proses produksi podcast secara umum dan
secara khusus di Omah Podcast. Kesimpulan pada penelitian ini adalah perlu ada
Tim Riset, Kreatif, Artistik, dan Anggaran dalam proses produksi podcast, dan
perlu membuka lebih saluran umpan balik untuk mengetahui efektifitas
penyampaian pesan melalui media podcast.
Kata Kunci: Media, Podcast, Prosedur

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Podcast, Prosedur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:33
Last Modified: 01 Feb 2024 07:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38811

Actions (login required)

View Item View Item