PENGARUH ADVERTISING MELALUI MEDIA TIKTOK DAN E-WOM TERHADAP BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT BELI SEPATU AEROSTREET (Studi pada Followers TikTok Aerostreet)

ROSMADEWI, FANI (2024) PENGARUH ADVERTISING MELALUI MEDIA TIKTOK DAN E-WOM TERHADAP BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT BELI SEPATU AEROSTREET (Studi pada Followers TikTok Aerostreet). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf] Text
ABSTRAK_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of COVER_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf] Text
COVER_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf] Text
DAFTAR ISI_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of PENGESAHAN_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf] Text
PENGESAHAN_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_FANI ROSMADEWI_152190033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fani Rosmadewi, Nomor Induk Mahasiswa 152190033, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Advertising melalui
Media TikTok dan e-WOM terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Niat
Beli Konsumen Sepatu Aerostreet (Studi pada Followers TikTok Aerostreet)”. Dosen
Pembimbing I Humam Santoso Utomo dan Dosen Pembimbing II Adi Soeprapto.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Advertising pada media
TikTok dan e-WOM terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Niat Beli.
Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan jenis incidental sampling. Teknik
analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik
Inferensial. Metode analisis data menggunakan metode SEM (Structural Equation
Modelling) dengan menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Advertising pada media TikTok (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness (Z), E-WOM (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Brand Awareness (Z), Brand Awareness (Z) berpengaruh
signifikan terhadap Niat Beli (Y), Advertising pada media TikTok (X1) berpengaruh
signifikan terhadap Niat Beli (Y), E-WOM (X2) berpengaruh signifikan terhadap Niat
Beli (Y), Advertising pada media TikTok (X1) berpengaruh signifikan terhadap Niat
Beli (Y) melalui Brand Awareness (Z), E-WOM (X2) berpengaruh signifikan
terhadap Niat Beli (Y) melalui Brand Awareness (Z).
Berdasarkan hasil penelitian, PT. Adco Pakis Mas sebagai pemegang merek
sepatu Aerostreet diharapkan mampu membuat konten TikTok Ads yang unik karena
dapat memberikan kesan terhadap penontonnya, sehingga penonton akan mengingat
produk apa yang sedang diiklankan dan mendorong timbulnya niat beli akan produk
tersebut. Selain itu Aerostreet diharapkan mampu membuat strategi yang dapat
memperluas jangkauan e-WOM sehingga Brand Awareness dapat meningkat. Hal
tersebut dikarenakan e-WOM memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap Brand
Awareness dan Niat Beli dibandingkan dengan variabel Advertising. Aerostreet juga
diharapkan mampu terus meningkatkan Brand Awareness karena sepatu Aerostreet
belum bisa menjadi merek yang paling diingat (Top of Mind) yang merupakan puncak
dari piramida Brand Awareness. Oleh karena itu PT Adco Pakis Mas diharapkan
mampu membuat program marketing yang memberikan ciri khas sehingga Aerostreet
bisa menjadi merek yang paling diingat oleh konsumen ketika akan membeli sepatu.
Kata Kunci: Advertising pada media TikTok, Brand Awareness, e-WOM, Niat Beli

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Advertising pada media TikTok, Brand Awareness, e-WOM, Niat Beli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:45
Last Modified: 31 Jan 2024 03:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38808

Actions (login required)

View Item View Item